AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh Setyawibawa melakukan kunjungan silahturahmi keKampus IAIN Ambon di kawasan Kebun Cengkeh, Selasa (15/11).

 Kedatangan orang nomor satu di Kodam XVI Pattimura ini disambut Rektor IAIN Zainal Abidin Rahawarin beserta jajaran akademisi IAIN Ambon.

Pada kesempatan itu, rektor menyampaikan terima kasih kepada Pangdam yang ditengah kesibukan dinas meluangkan waktu untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar IAIN.

Dalam kunjungan ini, Pangdam bermaksud bersilaturahmi sekaligus berdiskusi ringan mengenai beberapa hal, seperti situasi dan kondisi keamanan, perekonomian hingga adat istiadat di Maluku dan Maluku Utara.

Tak hanya itu, Pangdam juga sempat membahas mengenai konflik sosial yang terjadi di Maluku Tengah dan Maluku Tenggara. Menurut Alumni Akademi Militer 1988 ini, kunci dari suatu permasalahan adalah komunikasi.

Baca Juga: Kodim Saumlaki Laksanakan Program Babinsa Masuk Dapur

“Kuncinya ada di komunikasi juga musyawarah mufakat. Contohnya ketika kita semua menghadapi persoalan Kariu. Harus ada komunikasi, musyawarah dan perhatian seluruh pihak untuk menjembataninya,” ujar Pangdam.

“Sehingga proses rekonsiliasi juga berlangsung dengan tertib dan ada solusi untuk semuanya,” ucap pangdam.

Pangdam mengaku, jika IAIN Ambon terdapat kajian- kajian utamanya yang menyangkut masyarakat sosial boleh untuk didiskusikan dengan pemerintah.

Acara silaturahmi ini kemudian ditutup dengan penyerahan cenderamata dan foto bersama. Adapun para pejabat yang hadir antara lain, para Wakil Rektor IAIN, Wakil Direktur Pascasarjana IAIN, para Dekan, Asintel Kasdam XVI Pattimura, Kabintaldam XVI Pattimura, Kasiter Kasrem 151 Binaiya, dan Kasdim 1504 Pulau Ambon.(S-06)