AMBON, Siwalimanews – PT PLN terus berkomitmen untuk mendorong kegiatan ekonomi dan juga pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya di tempat-tempat wisata.

Kali ini, PLN melalui program PLN Peduli, memberikan bantuan elektrifikasi dan kebutuhan tenda usaha di Pantai Hunimua, Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Adapun bantuan yang diberikan yakni, bantuan elektrifikasi berupa pasang baru listrik termasuk panel dan instalasi serta dispenser untuk tenda-tenda usaha dan gerobak, kompressor serta tandon air untuk tempat wisata Pantai Hunimual Liang dengan total bantuan senilai Rp 190.000.000,-.

“Kami dari pemerintah negeri sangat mengapresiasi dengan adanya bantuan PLN Peduli kepada masyarakat di Negeri Liang, karena ini sangat membantu perekonomian mereka dalam hal meningkatkan usaha mereka,” ujar Penjabat Kepala Pemerintah Negeri Liang, B Neniwati Seipala, saat menerima bantuan tersebut, Sabtu(14/8).

Salah satu pemilik tenda usaha di Pantai Hunimua Liang, Sin Hehanusa (60) juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada PLN atas bantuan yang diberikan kepada tempat usaha di Pantai Hunimua Liang, termasuk miliknya.

Baca Juga: Wattimury: Bayar Ganti Rugi Lahan RSUD Harus Teliti

“Terimakasih kepada PLN atas bantuan ini. Kalau selama ini kami jualan dalam keadaaan gelap, sekarang sudah ada listriknya,” ujar Hehanusa.

Selaras dengan hal tersebut, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara, Sihar Marulak Tambunan mengatakan, PLN berharap bantuan yang diberikan ini dapat membantu kelanjutan usaha warga pemilik tenda usaha di Pantai Hunimua Liang, khususnya di masa pandemi seperti ini.

“Kami berharap bantuan ini dapat membantu kegiatan usaha para pemilik tenda sehari-hari yang kini juga sudah bisa menggunakan listrik. Selain itu bantuan ini juga kami hadirkan untuk mendukung keberlangsungan tempat wisata di masa pandemi Covid-19,” ungkap Sihar.

Pemberian bantuan terhadap sektor pariwisata ini juga merupakan bentuk komitmen dari PLN untuk mendukung pelaksanaan sustainable development goals (SDGs) atau pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

PLN juga akan terus berkomitmen untuk melaksanakan transformasi dalam bidang CSR/TJSL, guna mewujudkan nilai tambah bersama antara perusahaan dan masyarakat, untuk membentuk sistem bisnis berkelanjutan, dengan berorientasi terhadap pencapaian SDGs.

“Ini kita tunjukkan dengan komitmen PLN dalam menjalankan program CSR/TJSL dengan berpedoman kepada ISO 26000,” pungkas Sihar. (S-51)