PIRU, Siwalimanews – DPD Partai Keadilan Sejahtera  Kabupaten Seram Bagian Barat resmi membuka  pendaftaran bagi Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Periode 2024-2029.

Pembukaan pendaftaran dibuka Kamis (25/4) bertempat di Sekretariat DPD PKS di Jalan Waimeteng Pantai Lorong Besi Tua Desa Piru.

Ketua PKS Asrul Kaisuku dalam kompresi Pers Kamis (25/04) mengatakan, sebagai partai politik khususnya DPD PKS SBB hari ini telah membuka pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati Periode 2024-2029. Tentunya ini menjadi suatu pentahapan semua partai politik oleh karena itu  PKS tampil dan hadir dalam kontestasi Pilkada di SBB.

“Sebab di Pemilu Legislatif  2024 kemarin, PKS menorehkan 3 Kursi di DPRD SBB sehingga PKS harus tampil dan hadir di kontestasi   Pilkada SBB 2024-2029 karena 3 kursi itu setengah dari persyaratan untuk mengusung Balon Bupati,” tuturnya.

Menurutnya, ini merupakan jalan yang baik demi mensukseskan pemilihan kepala daerah di tahun ini. Oleh karena itu dengan memiliki 3 kursi di DPRD maka PKS optimis untuk mengusung Balon Bupati 2024-2029 yang tentunya rekomendasi yang diberikan nantinya kepada Balon Bupati itu PKS optimis menang.

Baca Juga: KPU Aru Buka Pendaftaran Badan Ed Hoc

Lanjutnya, tujuan dari suatu proses ini adalah bagaimana kemudian menghadirkan kesejahteraan dan keadilan kepada masyarakat khususnya yang ada di SBB. Maka sesuai dengan rapat koordinasi PKS se-Maluku membuka  pengambilan formulir pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati tanggal 25 April sampai 5 Mei 2024.

Dengan dibukanya pendaftaran ini, kata Kaisuku, DPD PKS telah menyampaikan undangan secara resmi kepada putra-putri terbaik di Bumi Saka Mese Nusa dan PKS juga memberikan ruang dan waktu untuk bisa mendaftar di Sekretariat DPD PKS SBB melalui Tim penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati Periode 2024-2029.

“Kami membuka kesempatan kepada semua unsur baik tokoh-tokoh politik, tokoh masyarakat, Agama, Adat, kalangan praktisi dan akademisi, kami membuka ruang yang sama dan secara umum untuk posisi yang sama sehingga azas-azas itu kami jaga dalam proses-proses pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati SBB,” terang Kaisuku.

Ditegaskan, apabila ada kader PKS dan bukan kader yang mau mendaftar dipersilahkan karena terbuka untuk siapa saja yang mau mencalonkan dirinya sebagai Balon Bupati dan Wakil Bupati. Dan momen ini sarana yang tepat sebagai sarana untuk bagaimana mendorong pengembangan daerah ini untuk arah yang lebih baik,” ujarnya.

Selain itu Ketua Tim Penjaringan Naslim Nur Ali mengungkapkan, hari ini direncanakan ada beberapa Balon Bupati dan Wakil Bupati akan melakukan pengambilan formulir pendaftaran, apabila belum ada yang datang tetapi PKS akan terus membangun koordinasi melalui undangan secara resmi.

Dikatakan, setelah membuka pendaftaran PKS akan membuka ruang kepada semua tokoh masyarakat dan bukan saja buat kader PKS yang berminat untuk mendaftar di PKS, yang mana nantinya akan diberikan rekomendasi kepada yang bersangkutan.

“Untuk memberikan rekomendasi kepada Balon Bupati dan Wakil Bupati periode 2024 harus melalui pentahapan atau survei, dan dilihat dari elektabilitas,” terangnya.

Nur Ali tambahkan, semua Balon Bupati dan Wakil Bupati yang mendaftar di PKS akan melalui pentahapan sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya. Selain itu juga dari hasil penjaringan nantinya melalui pentahapan melalui hasil survei baru bisa diberikan rekomendasi. Rekomendasi yang diberikan kepada pasangan Bupati dan Wakil Bupati yang diusung nantinya PKS optimis harus menang.

“Sebab alasan utama dalam pentahapan apabila diberikan rekomendasi dari PKS kepada pasangan Calon Bupati harus melalui hasil survei, bukan diberikan begitu saja,” tegasnya.(S-18)