Bupati Seram Bagian Barat (SBB) Timotius Akerina memantau langsung jalannya proses pemilihan kepada desa serentak yang berlangsung di 42 desa  di Kecamatan Kairatu dan sekitarnya, Rabu (20/10).

“Pemilihan Kepala Desa harus dapat melahirkan pemimpin yang amanah kepada masyarakat dan dapat memajukan desanya. Hal ini diungkap Akerina kepada wartawan saat memantau jalannya pilkades di Kecamatan Kairatu.

Bupati berharap, selain bisa menghasilkan para pemimpin desa yang memiliki visi untuk memajukan desanya kepala desa juga harus meningkatkan kualitas sumber daya manusia desa (SDM).

Dijelaskan, Pilkades ini juga salah satu bagian dari proses penting untuk pembangunan di Bumi Saka Mese Nusa terlebih khususnya di tingkat desa.

Untuk itu dirinya berharap, seluruh masyarakat di SBB yang memberikan hak politiknya dalam mendukung kandidatnya dengan baik dan bahkan masyarakat harus memberikan jaminan keamanan saat proses pilkades selesai.

Baca Juga: Bupati: Kemitraan Golkar dan Pemda Terus Dibangun

“Hasil pantauan kita, masyarakat telah menyalurkan hak politik dengan baik aman lancar dan rahasia tanpa ada tekanan dari manapun,” tegasnya.

Mantan wakil bupati SBB juga me­ngaku, dengan selesainya pil­kades tahap pertama dapat mem­berikan dampak yang baik demi kemajuan di Bumi Saka Mese Nusa. Untuk itu juga Bupati ber­harap, kepada pemenang maupun yang kalah harus saling mendu­kung dalam memajukan desanya.

“Selaku pemerintah daerah saya harap para pendukung maupun simpatisan kandidat masing-masing harus menerima kekala­han dengan lapang dada dan sportif. Sebab  rakyat belum mem­berikan kedaulatan bagi kita, karena kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat, jadi rakyatlah yang berhak menentukan pilihannya,” ungkapnya.

Untuk diketahui pilkades se­rentak ini berlangsung juga di Desa Sarihalawane, Nurue, Lohiatala, Hatusua, Waimital, Uraur, Seria­wan, Kamarian, Rumahkay dan Desa Elpaputih. (S-48)