AMBON, Siwalimanews – Janji manis Walikota Ambon Richard Louhenapessy sejak tahun 2020 gagal karena sampai sekarang Negeri Hatalai, Kecamatan Leitimur Selatan tak pernah menikmati internet gratis.

Dengan tersambungnya jaringan fiber optik bisa dinikmati oleh warga masyarakat di Kecamatan Leitimur Selatan, lewat Kominfo yang bekerjasama dengan PT. Telkom guna menyelesaikan masalah internet disana namun tak kunjung terwujub.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Ambon, Joy Rener Adriaansz mengaku sampai dengan saat ini jaringan internet belum masuk di Negeri Hatalai,

“Fiber optik masih belum tercover di kawasan tersebut,” kata Adriaansz, kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Selasa (26/10).

Dengan belum masuknya layanan internet pihaknya sedang berupaya agar pembangunan jaringan fiber optik pada kawasan dimaksud sedang diupayakan secepatnya oleh PT Telkom.

Baca Juga: Simposium Akuntansi Harus Hasilkan Calon Profesional

“Sedang diupayakan. Karena memang pembangunan jaringan di Hatalai ini, terkendala dengan beberapa kondisi. Posisi terakhir jaringan ada di Negeri Naku dan Kilang,” ujarnya.

Adriaansz juga mengaku anggaran menjadi kendala terhubungnya jaringan internet dari dua negeri yakni Naku dan Kilang agar dapat dilanjutkan ke Negeri Hatalai.

“Anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunannya cukup besar. Sekarang kita hanya bisa berharap agar PT Telkom dapat menyelesaikan pembangunan, sesuai target Desember 2021,” terangnya.

Mengutip https://ambon.go.id/ Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon lewat Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DiskominfoSandi) Kota Ambon bekerjasama dengan PT.Telkom berhasil mengalirkan jaringan fiber optik di 5 (lima) Negeri di Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel) Kota Ambon.

Dengan demikian warga di 5 Negeri tersebut sudah bisa menikmati internet yang baik dan stabil, sama seperti wilayah-wilayah lain di Kota Ambon. Adapun 5  Negeri dimaksud, antara lain: Hukurila, Ema, Kilang, Naku, dan Hatalai.

“Akhir tahun 2020 ini jaringan fiber optik sudah bisa dinikmati oleh warga masyarakat di Kecamatan Leitimur Selatan, kami lewat Kominfo bekerjasama dengan PT. Telkom sudah berhasil mengalirkan jaringan tersebut (red. fiber optik), jaraknya cukup jauh, tapi berkat kerjasama yang baik kita berhasil mewujudkannya. Dan untuk 1 wilayah lain, yaitu Dusun Seri, dalam waktu dekat akan diupayakan jaringan fiber optic terpasang disana,“ kata Walikota Ambon, Richard Louhenapessy saat memberikan keterangan kepada Tim Media Center, Minggu (13/12).

Walikota juga menambahkan, hingga akhir tahun ini warga di 5 wilayah tersebut sudah bisa ber­langganan internet lewat jaringan fiber optik, dan di awal 2021 seluruh wilayah kerja Pemkot Ambon bisa teraliri internet khususnya jaringan fiber optik. (S-52)