NAMLEA, Siwalimanews – Puluhan petani di pedalaman Danau Rana mendapat bibit apel dari Ketua DPD Partai Nasdem Kabu­pa­ten Buru, Muhammad Daniel Rigan.

“Kita lagi uji coba. Insya Allah ber­hasil baru kita buat besar-besa­ran,” jelas Rigan kepada Siwalima, Minggu (6/2).

Menurut Rigan, kondisi desa-desa yang dihuni masyarakat adat tanah Bupolo di sekitar Danau Rana, terkenal sangat subur dan be­rada pada daerah ketinggian dengan suhu udara yang cocok untuk usaha pertanian termasuk tanaman pohon apel.

Tanaman apel  ini salurkan ke desa yakni Desa Waimite dan Desa Per­siapan Wagrahe, Kecamatan Fena­leisela pada Kamis lalu (4/2).

Ia mengaku bahwa ootensi wila­yah dingin satu-satunya yang ada di Kabupaten Buru, seharusnya bisa manfaatkan dengan baik, agar menjadi kemaslahatan serta mening­katkan ekonomi masyarakat.

Baca Juga: Kapolda Kerahkan Personel Pengamanan di Loki

“Kawasan puncak Rana itu suhu wilayahnya cukup dingin. Potensi itu bisa dimanfaatkan untuk peningkatan ekonomi warga sekitar. Contohnya dengan melakukan budidaya tanaman khusus seperti apel,” ujar Rigan.

Pemberian bibit apel kepada masyarakat yakni varietas New Zealand dan varietas Malang.

Merespon uji coba pemberian bibit apel, masyarakat Desa Waimite dan wagrahe mengaku  senang dan ber­syukur Rana menjadi uji coba tanaman khusus diwilayahnya. (S-15)