AMBON, Siwalimanews –  Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT786 dari Makassar tujuan Bandara Internasional Pattimura Ambon gagal mendarat atau go around, sekitar pukul 11.28 WIT, Kamis (17/11).

Pesawat yang membawa ratusan penumpang itu kemudian kembali ke Makassar, dikarenakan cuaca buruk ketika hendak mendarat di Bnadara Pattimura Ambon, dimana kecepatan angin diatas 20-22 knot.

Pantauan Siwalimanews melalui Flightradar24, sekitar pukul 11.45 pesawat Lion Air  dengan nomor penerbangan JT786 harusnya sudah mendarat di Bandara Internasional Pattimura. Namun ketika sudah berada  pada ketinggian 50 kaki dan jarak run way sudah sangat dekat, persiapan pendaratan pun sudah dilakukan.

Pilot kemudian memutuskan untuk menambah kecepatan dan menaikan moncong pesawat pada ketinggian 4.170 kaki dan melintas diatas Kota Ambon. Pesawat kemudian berputar diatas Desa Passo dan kembali untuk mencoba melakukan pendaratan ulang.

Namun karena angin cukup kencang, pilot kemudian memutuskan untuk tidak lagi mendarat dan menaikan ketinggian ke 28.000 kaki dan meneruskan perjalanan kembali ke bandara Sultan Hasanudin Makassar.

Baca Juga: Jaksa Agendakan Pemeriksaan 4 Tersangka Kasus RSUD Haulussy

Humas Bandara Internasional Pattimura Ambon Aditya Narendra, yang dikonfirmasi Siwalimanews, Kamis (17/11) membenarkan kejadian tersebut.

“Benar kalau pesawat Lion Air JT786 rute Makassar-Ambon gagal mendarat di Bandara Internasional Pattimura,” jelas Narendra.

Ia mengaku, ketika akan mendarat angin sangat kencang membuat pilot membatalkan pendaratan dan pesawat kemudian dialihkan ke Makassar.

“Hasil konfirmasi kita ke Airnav kecepatan angin 20-22 Knot dan demi keselamatan penerbangan dialihkan untuk kembali ke Makassar,” ungkapnya.

Narendra mengaku, sebenarnya ada dua pesawat yang ketika hendak mendarat cuaca tidak bersahabat, yakni Lion Air JT786 dan Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ662 dengan rute yang sama dari Makassar ke Ambon.

Hanya Lion Air JT786 yang dialihkan kembali ke Makssar sedangkan Sriwijaya Air SJ662 sempat berputar beberapa kali kemudian diizinkan mendarat.

“Pesawatnya sudah mendarat pukul 11.36 WIT dengan selamat di Bandara Internasional Pattimura. Penerbangan lain juga tidak terganggu, kondisi angin sudah normal,” pungkansya.(S-09)