AMBON, Siwalimanews – Berbagai upaya pencegahan penyebaran virus corona terus dilakukan oleh Satuan Brimob Polda Maluku, salah satunya dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada sejumlah lokasi publik maupun pemukiman penduduk serta fasilitas kesehatan.

Kali ini, Senin (14/9) sebanyak 10 personel Kimia, Biologi, Radioaktif (KBR)  Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Maluku yang tergabung dalam Satgas Aman Nusa ll dipimpin Ipda A Manullang, diterjunkan untuk melakukan sterilisasi di kawasan Air Salobar, Kecamatan Nusaniwe dengan cairan disinfektan.

Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes M Guntur mengatakan, penyemprotan kali ini, difokuskan pada sejumlah fasilitas umum di kawasan Air Salobar.

Kegiatan ini, bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini baik pada tempat-tempat yang banyak dikunjungi warga, maupun jalan-jalan utama di kawasan itu. Hal ini dilaksanakan untuk mendukung pemerintah dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Kota Ambon.

“Hari ini kami lakukan penyemprotan cairan disinfektan di kawasan Air Salobar, ini sebagai kepedulian Bhakti Brimob untuk Indonesia dalam memerangi dan mengantisipasi penyebaran virus corona di wilayah hukum Polda Maluku, dimana kita semua tahu warga yang terjangkit virus ini di Kota Ambon terus meningkat,” ujar Dansat.

Baca Juga: Polres Gelar Deklarasi Kepatuhan Protokol Kesehatan<p><span style='font-size:14px;'>Gandeng Forkopimda Malteng</span></p>

Sejumlah lokasi yang menjadi sasaran kali ini di Kawasan Air Salobar diantaranya, puskesmas, tempat wisata kuliner Tapal Kuda, sejumlah pangkalan ojek dan mini market serta pertokoan.

“Usai penyemprotan, personel KBR kembali mengarahkan penyemprotan lanjutan di pemukiman padat penduduk di kawasan Batu Gantung Waringin, Kelurahan Wainitu, Kecamatan Nusaniwe,” ujar Dansat.

Ia berharap, dengan adanya penyemprotan disinfektan ini dapat mengantisipasi atau meminimalisir penyebaran virus corona di wilayah hukum Polda Maluku Khususnya Kota Ambon.

Kegiatan yang sama juga dilakukan oleh personel KBR pada Sabtu (13/9) pada sejumlah pasar di Kecamatan Baguala dan Teluk Ambon seperti,  Pasar Transit Passo, Pasar Wayame, Pasar Batu Koneng serta Pangkalan Speed Wayame, serta sejumlah pertokoaan di kedua kecamatan ini. (S-45)