BULA, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur membangkitkan kembali olahraga tradisional Hadang atau Asen dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun 2023.

Permainan ini, dimainkan secara beregu dengan jumlah anggota 8 orang. Untuk memainkannya, biasanya dibutuhkan area lapang dengan bentuk persegi panjang. Area tersebut kemudian akan dibagi menjadi 6 petak.

Permainan tradisional ini se­-akan hilang di masyarakat per­-kotaan, seiring perkemba­ngan zaman. Namun berhasil digelar Pemkab SBT, Minggu (13/8).

Selain hadang, lomba lain juga digelar seperti Lomba gawang mini, baris indah, bola voli dan Lomba Lari.

Panitia Lomba perayaan jelang HUT RI Iksan Kilwoi mengaku lomba mulai dilaksanakan sejak Minggu 13 Agustus sampai 18 Agustus.

Baca Juga: Berhasil di Bidang Publikasi, Harian Pagi Siwalima Terima Penghargaan

“Kita libatkan semua mulai dari ASN, forkopimda, TNI-Polri sampai masyarakat,” terangnya.

Sesuai jadwal pertandingan pertama dibuka dengan lomba Asen yang melibatkan 52 tim.

“Hari ini diawali dengan kegiatan lomba hadang atau asen yang diikuti oleh para ibu-ibu, kemudian dilanjutkan sebentar jam 4 sore pembukaan gawang mini,” tandasnya.

Senam Sehat & Yel-yel

Ditempat berbeda menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-78, Pemkab SBB menggelar senam sehat dan lomba yel-yel antar PKK.

Senam sehat dipimpin Sekda Alvin Tuasuun dan Ketua Tim Penggerak PKK Norma Iriana Chandra Asaduddin yang diikuti oleh  forkopimda, pimpinan OPD, ASN dan masyarakat di pelataran Tugu Oma Opa, Jumat (11/8).

Selain lomba yel-yel juga akan dilaksanakan lomba sepeda santai, futsal eksebisi. Sebelumnya juga telah dilaksanakan pencanangan lomba balap motor Road Race, sidang Isbat, bakti sosial donor darah dan gerakan keroyok stunting.

Sekretaris panitia perayaan HUT, Vietra van Harling mengaku semua rangkaian lomba dalam rangka menyongsong HUT Kemerdekaan RI. “Ini bukan saja dilakukan di Kota Piru, tetapi di 11 kecamatan dan desa maupun dusun,” ungkapnya.

Untuk itu ia berharap lomba yang dilaksanakan itu mampu meningkatkan motivasi dan komitmen, untuk memajukan pembangunan di segala sektor di SBB. (S-27/S-18)