AMBON, Siwalimanews – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat dalam beberapa hari kedepan curah hujan dengan intensitas tinggi dan badai petir masih terjadi di sejumlah wilayah Maluku.

Menindaklanjuti itu, Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Wattimury, meminta kepada seluruh masyarakat waspada terhadap perubahan cuaca yang terjadi akhir-akhir ini.

“Terhadap peringatan ini, masyarakat harus segera merespon dengan lebih waspada terhadap anomali cuaca yang dipastikan akan berubah-ubah,” himbau Wattimury kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Selasa (12/7) merespon peringatan dini cuaca yang dikeluarkan BMKG.

Khusus bagi masyarakat Kota Ambon yang berdiam di bantaran sungai dan lereng bukit ia meminta, agar lebih waspada dan siaga terhadap banjir dan longsor.

Tak hanya itu, masyarakat yang selalu bepergian dengan menggu­nakan kendaraan juga harus mem­per­hatikan kondisi pohon di tepi jalan agar terhindar dari tumbangnya pohon yang sudah termakan usia.

Baca Juga: Tetapkan Camat Amahai Tersangka, Polisi Harus Jerat yang Lain

Selain itu, Wattimury juga minta pemerintah kabupaten kota menghim­bau warganya dalam rangka peringa­tan dini bencana musim penghujan.

“Tanggap darurat bencana juga mesti menjadi perhatian serius pemda guna mengambil langkah-langkah cepat dan terukur demi menyelamatkan masyarakat disaat bencana terjadi,” ucapnya.

Olehnya semua pihak dapat berkerjasama dalam menghadapi bencana akibat anomali cuaca yang terjadi akhir-akhir ini sehingga dapat meminimalisir kerugian, baik nyawa maupun harta benda. (S-20)