AMBON, Siwalimanews –  Sebagai garda terdepan dalam menjaga kemanan di Negara Kesatuan Republik Indonesia secara umum dan Maluku secara khusus, maka personel TNI dan Polri di Maluku gencar mempererat sinergitas.

Hal ini ditunjukan dengan kegiatan gathering yang berlangsung di Mapolda Maluku, Selasa (14/3) yang dihadiri Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, Pangdam XVI Pattimura Mayjen Ruruh A Setyawibawa, Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen (Mar) Said Latuconsina, Danlanud, Kolonel (Pnb) Tio Hutapea, Kepala BNNP Maluku Brigjen Rohmad Nursahid, Kabakamla dan perwakilan dari Pemprov Maluku.

Kegiatan diawali dengan apel sinergitas di halaman Mapolda Maluku yang dipimpin Danlantamal IX Ambon, Brigjen (Mar) Said Latuconsina.

Dalam amanatnya Danlantamal mengatakan, kunci keberhasil kemananan NKRI adalah sinergitas dari TNI Polri maupun pemerintah baik daerah maupun pusat. Khusus di Maluku hal ini menjadi ciri khas yang harus terus dipertahankan.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan solidaritas dan sinergitas,  sehingga meningkatkan keharmonisan serta menghilangkan ego sektorat,” ujar Danlantamal.

Baca Juga: 16 Ribu Warga Tanimbar Belum Miliki E-KTP

Menurutnya, pemerintah pusat saat ini sementara menyeratakan pembangunan dalam rangka meningkatkan kesejatraan masyarakat. Hal ini akan berjalan baik jika kemanan  juga baik, untuk itu semua pihak diajak untuk terus memupuk kebersamaan dan jalin sinergitas yang sudah terbentuk baik di Maluku.

“Sinergitas ini diharapkan dapat mewujudkan Maluku yang aman dan damai,” tuturnya.

Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif dalam keterangan persnya mengatakan, kegiatan yang dilakukan ini bukan baru pertama kali, sebab sebelumnya kegiatan serupa telah dilakukan oleh Lantamal IX Ambon yang tujuannya sama guna memupuk solidaritas TNI Polri serta Pemerintah Provinsi Maluku.

“Tujuannya cuma satu Kita ingin masyarakat Maluku sejahterah dari segi kemananan maupun dari segi pembangunannya,” ungkap Kapolda.

Hal senada disampaikan Pangdam XVI Pattimura Mayjen Ruruh A Setyawibawa, menurutnya kegiatan yang dilakukan sebagai bukti TNI Polri solid dan bersinergi dalam melindungi masyarakat.

“Kegiatan ini sekaligus memberi keyakinan kalau Kita satu visi dan misi untuk masyarakat  Maluku yang aman damai dan sejahterah,” jelas Pangdam.(S-10)