MASOHI, Siwalimanews – Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua mengapresiasi kunjungan kerja Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku,  Brigjen MZ Mutaqien, bersama rombongan di bumi Pamahanu-Nusa, Rabu (18/11).

Didepan Kepala BNNP Maluku, Bupati menyatakan sikap dan komitmen Pemkab Malteng mendukung upaya BNNP Maluku memberantas narkoba dengan segala bentuknya dengan membuat perda atau perbup.

“Kami sepakat dukung dan nyatakan perang lawan narkoba, karena narkoba bisa  merusak generasi penurus bangsa. Kalau generasi ini gunakan narkoba bisa dipastikan 20 atau 30 tahun ke depan kita akan kehilangan pemimpin dan pemikir terbaik untuk bangsa ini,” ujar Bupati.

Menurutnya, perda atau perbup yang sementara dibuat ini konsepnya memerangi narkoba dan segala bentuknya untuk memproteksi generasi muda bangsa di Malteng agar terhindar dari bahaya narkoba.

Baca Juga: Aset Bandar Narkoba Rp 1 M Disita

“Pemda akan mendukung pemberantasan narkoba melalui perda atau perbup untuk memproteksi anak cucu kita dan daerah ini dari berbagai bahaya narkoba,” janjinya.

Menurutnya, pemberantasan narkoba menjadi salah satu tanggung jawab dan peran pemerintah yang harus terus digalakkan untuk menangkal peredaran dan penyalahgunaan narkoba hingga ke desa/negeri melalui sinergitas bersama BNN dan aparat penegak hukum, maupun instansi terkait di daerah melalui berbagai langkah strategi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba.

“Kami berharap melalui pertemuan bersama saat ini, kiranya dapat kita manfaatkan sebagai sarana untuk terus berupaya semaksimal mungkin dalam memerangi narkoba di daerah ini dengan merumuskan langkah-langkah konkrit yang akan kita tempuh kedepannya,” tandas Bupati.

Tuasikal juga menjamin pemerintah dan masyarakat Malteng akan berupaya menjadi garda terdepan dalam upaya memerangi peredaran narkoba.

“Kami akan jadi garda terdepan perangi narkoba dengan menutup segala kemungkinan penyebaran narkoba bagi pemakai maupun pengedar. Kami yakin dengan sinergitas pemerintah masyarakat,TNI dan Polri, kita akan mampu berantas narkoba di Malteng,” pungkasnya. (S-36)