AMBON, Siwalimanews –  Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-797 dengan tujan Merauke – Jayapura – Makassar – Jakarta mendarat darurat di Bandara Internasional  Pattimura Ambon, Rabu (18/11)

Pendaratan darurat ini dilakukan lantaran salah satu penumpangnya melahirkan di atas pesawat.

Corporate Communications Strategic of Lion Air  Danang Mandala Prihantoro dalam rilisnya yang diterima redaksi Siwalimanews menjelaskan, sebelum melakukan pendaratan darurat, pilot Capt Eirstanto Prabowo bersama kopilot Tanto Adi Prasetyo melakukan kordinasi dengan awak kabin untuk mengkonfirmasi adanya penumpang yang melahirkan di dalam pesawat.

“Standar prosedur (SOP) pun ditempuh, dimana pimpinan awak kabin Novitalia bersama kru kabin lainnya menghampiri langsung guna mengetahui kondisi ibu yang melahirkan tersebut,” ujarnya.

Baca Juga: Alfamidi Langgar Peraturan PSBB

Setelah mendapatkan informasi detail, SFA segera melakukan pengumuman  apakah dalam penerbangan terdapat profesi dokter. Satu penumpang atas nama Marthina Setiawati mengaku sebagai dokter dengan menunjukkan identitas resmi dan melakukan pertolongan pada penumpang tersebut.

Sang penumpang yang bernama Anastasia Geavani akhirnya selamat melahirkan diatas peswat lewat pertolongan dokter dan awak kabin.

Pilot kemudian menginformasikan kepada petugas lalu lintas udara dan petugas darat, dalam penerbangan terdapat penumpang yang membutuhkan penanganan kesehatan lebih lanjut. Pesawatpun mendarat pada pukul 15.49 WIT.

Setelah pesawat parkir pada tempatnya dan pada posisi sempurna, petugas layanan darat Lion Air bersama tim medis langsung menangani ibu dan anak yang baru lahir tersebut ke RSUD dr M Haulussy Ambon.

“Usai mengevakuasi ibu dan anak ke RS, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-797 kembali terbang dari Bandara Internasional Pattimura menuju Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar sekitar pukul 16.30 WIT.

Atas nama Lion Air Prihantoro menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada awak kabin yang bertugas, dokter pada penerbangan serta petugas layanan darat di Ambon yang menangani operasional dan penanganan satu penumpang yang melahirkan dalam penerbangan JT-797. (S-39)