AMBON, Siwalimanews – Satu unit perahu yang ber­muatan 4 penumpang terbalik di tempat wisata pintu kota, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Sabtu (2/2).

Akibat dari kecelakaan laut tersebut 1 orang harus mereng­gang nyawa, sementara dua orang dilarikan ke RS untuk mendapat perawatan medis, sedangkan 1 penumpang lain dinyatakan hilang.

Korban meninggal yakni Dominggus Pieter Diaz (54), korban luka Zeth Uniberua dan Stevi Hattu. Sedangkan korban yang hilang yakni  Jossi Balu­bun (42).

Kasi Humas Polresta Pulau Ambon dan Pp Lease, IPDA Jane Luhukay menjelaskan berdasarkan keterangan kor­ban selamat  Stevi Hattu  sekitar pukul 19.00 Wit ia keluar dari rumah dengan maksud untuk menjemput ke 3 (Tiga) rekan­nya yang berlokasi di Daerah Karang panjang dengan tujuan untuk mancing di daerah Dusun Seri Negeri Nusaniwe Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon.

Kecelakaan bermula ketika saksi bersama 4 rekannya menyewa perahu untuk pergi memancing. Tiba di spot mancing yang jaraknya cukup jauh dari daratan tiba tiba hal aneh terjadi. Dimana ke 4 korban yang hendak kembali tidak dapat mengarahkan perahu yang mereka tumpangi.

Baca Juga: Tersisa 8 Bulan, DPRD Kebut 14 Ranperda

“Sekitar  pukul 02.00 wit dini hari para korban hendak  kembali ke daratan namun dalam perjalanan kembali perahu yang di gunakan tidak mau bergerak dari lokasi pancing meskipun sudah di dayung. Melihat hal tersebut mereka sepakat untuk kembali memancing, saat mata pancing diturunkan perahu yang di tumpangi langsung terbalik,”jelas Luhukay mengutip keterangan saksi korban.

Arus laut yang kuat membuat perahu yang mereka tumpangi sontak tenggelam kedasar laut. Sementara para korban bergegas menyelamatkan diri dengan cara berensng ke tepian.

Hanya saja, jarak yang jauh dengan kondisi laut yang tidak bersahabat membuat para korban kesulitan.

Beruntung suara minta tolong para korban terdengar warga sekitar yang dengan sigap mengambil perahu dan menuju lokasi kejadian.

“Saat perahu tenggelam para kor­ban ini terpisah, namun menurut saksi posisi korban Josi Balubun pada saat itu kakinya terlilit tali pancing yang masih berada di perahu,”jelasnya.

Setelah mendapat pertolongan warga ketiga

korban yang berhasil ditemukan langsung dievakuasi ke Rumah Sakit. Namun setelah mendapat perawatan medis  Dominggus Pieter Diaz akhirnya meninggal.

“Dalam kejadian ini korban Dominggus Pieter Diaz meninggal, korban Zeth Uniberua dan Stevi Hattu dalam perawatan dan korban  Jossi Balubun (42) hingga kini belum ditemukan,”pungkasnya. (S-10)