Pemkab Bursel Gelar Forum Konsultasi RKPD

NAMROLE, Siwalimanews – Pemkab Bursel menggelar forum konsultasi Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021.

Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulisa dalam sambutannya yang dibacakan Assiten III Bidang Administrasi Umum Rony Lesnussa, saat membuka forum itu mengatakan, prioritas perencanaan pembangunan Kabupaten Bursel tahun 2021 diarahkan pada lima prioritas penting.

Lima prioritas penting itu kata dia meliputi, penguatan kapasitas kelembagaan pemerintah dan kualitas demokrasi, percepatan pembangunan SDM. Kemudian pengutan sarana dan prasarana infrastruktur dan pengendalian manfaat ruang,  meningkatkan penguatan wawasan dan jati diri masyarakat serta manfaat tata kehidupan masyarakat yang aman, damai tertib, taat hukum dan harmonis.

Selain itu, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, serta peningkatan kesejahteraan sosial dan penguatan pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Kelima prioritas tersebut dilatarbelakangi oleh beberapa isu aktual yang berkembang di Bursel.

“Semua itu dilatar belakangi oleh beberapa isu aktual seperti peningkatan SDM, pengembangan infrastruktur dan pengembangan penata ruang, memberdayakan potensi kearifan lokal yang tercermin dari budaya Kai-Wait dalam menciptakan kondisi kemanan dan ketentraman yang kondusif serta pengembangan ekonomi wilayah dan peningkatan ekonomi masyarakat,” tandas bupati.

Dikatakan, dalam forum dialog keluarga besar masyarakat ini, tidak lain hanya bertujuan untuk membangun Bursel yang lebih maju secara berkelanjutan.

Untuk itu  pada forum diskusi yang dilakukan ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas dokumen yang tepat sasaran secara ternoktaris agar dokumen RKPD 2021 nanti dapat merealisasikan capaian program dan kegiatan dari periode RPJMD 2016-2021 sesuai visi pembangunan daerah yaitu mewujudkan kemandirian Bursel secara berkelanjutan sebagai kabupaten yang rukun berbasis agromarin.

“Dalam rangka mengimplematasikan visi tersebut, maka proses pembangunan di tahun 2021 diarahkan dengan rancangan tema “Peningkatan SDM, Pengentasan Kemiskinan dan Mewujudkan Pembangunan Yang Berkelanjutan,” ujarnya.

Rancangan tema tersebut merupakan integrasi perencanaan daerah kabupaten, provinsi dan pemerintah pusat tahun 2021. Satu daerah akan maju bila ada faktor-faktor yang mempengaruhi dan menunjang dalam pembangunan daerah tersebut.

“Majunya suatu daerah sangat ditentukan oleh tiga hal yaitu, program strategis yang dicanangkan oleh pemda, partisipasi pihak swasta dan dukungan masyarakat terhadap program dan kegiatan pemerintah,” ucapnya.(S-35)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *