MASOHI, Siwalimanews – Dinas Perindag Kabupaten Maluku Tengah mengawasi penyaluran bahan bakar minyak di  semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar (SPBU) Kota Masohi dan Amahai.

Sejumlah petugas dari Bidang Kemetrologian Legal Disperindag Malteng menerjunkan sejumlah personel melakukan pengawasan di lapangan.

Kabid Kemetrologian Legal Disperindag Malteng Dedy Latuconsina mengaku pengawasan ini dilakukan untuk semua SPBU di Kota Masohi.

“Yang dicek itu pompa ukur BBM milik SPBU,” terangnya kepada wartawan disela-sela sidak yang dilakukan pihaknya, Selasa (5/12).

Ia mengaku sesuai dengan instruksi Direktur Metrologi Kementerian Perdagangan, kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pengamatan, pengawasan dan pemantauan metrologi legal menjelang Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga: 3 Tahun Layani Penumpang, Pemprov Usir Ferry Garda Maritim 5

Pada momentum tertentu, seperti menjelang lebaran atau Natal dan Tahun Baru, katanya konsumsi BBM masyarakat biasanya meningkat.

Oleh karena itu, pengawasan diperlukan untuk memastikan bahwa UTTP yang digunakan sudah tepat ukuran.

Selain pengawasan kegiatan itu dilakukan untuk memberikan sosialisasi program 3M dengan penempelan stiker dan banner 3M di seluruh SPBU.

“Tujuannya untuk mengenalkan metrologi kepada masyarakat dan mengajak masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dengan mengenali tanda tera sah pada UTTP yang digunakan untuk bertransaksi,” ungkapnya.

Menurutnya teknik  pengecekan dilakukan dengan mengukur takaran pompa ukur BBM. Upaya itu dipusatkan di SPBU Kota Masohi dan desa Amahai, dengan target waktu di sepanjang Desember.

“Alhamdulillah sampai saat ini pom bensin yang kami ukur sesuai takaran pompanya,” jelasnya. (S-17)