PENJABAT Bupati Maluku Tengah, Muhamat Marasabessy janji bakal biayai pendidikan warga Negeri Kariuw mulai dari SD hingga kuliah.

“Kita tanggung semua pembiayaan dari SD, SMP sampai kuliah diperguruan tinggi, khusus bagi anak-anak Kariu,”kata Marasabessy usai melepaskan bantuan sembako ke Pengungsi Kariuw di Pelabuhan Ina Marina, Kota Masohi, Senin (10/10).

Hal itu ia sampaikan menyikapi keluhan Penjabat Raja Kariu, Semuel Rajawane, soal derita anak-anak korban konflik yang hingga kini sulit mengenyam pendidikan di bangku sekolah akibat tidak punya biaya.

“Saya koordinasi dengan Kadis Pendidikan Malteng, agar anak-anal Kariu, naik kelas semua,”ujar Marasabessy.

Selain itu, Marasabessy menyebut pemerintah daerah siap membantu kebutuhan pangan warga Kariu.

Baca Juga: 288 Desa di Maluku Belum Teraliri Listrik

“Kita akan bantu setiap bulan. Kita akan turun ke Kariu, setelah tim terbentuk. Saya sudah koordinasi dengan Pak Kapolresta Ambon dan Pulau-pulau Lease,”jelas Marasabessy usai melepaskan bantuan sembako ke Pengungsi Kariuw di Pelabuhan Ina Marina, Kota Masohi, Senin (10/10).

Penjabat Kariuw, Semuel Rajawane menjelaskan, anak-anak di negerinya sulit tuk berangkat ke sekolah sebab jarak tempuh yang cukup jauh.

“Mereka kalau ke sekolah jalan kaki sekitar 8 kilo meter. Mereka tidak punya uang untuk naik mobil atau ojek. Kalau tes mereka sampai di sekolah sudah selesai. Kalau SD kita sudah tarik ke kamp pengungsian,” ujarnya.

Selain itu juga kesiapan pangan atau kebutuhan pokok warga di kamp pengungsian di Negeri Aboru sudah habis.

“Kami minta bantuan dari Pak Penjabat Bupati. Kami saat ini hanya bagi beras 2 kilo gram dan minyak tanah 2 liter kepada warga,” kata Rajawane.(S-17)