AMBON, Siwalimanews – Memiliki hasil perikanan khususnya udang laut yang berlimpah di Desa Wermatang, Kecamatan Wermakatian Kepulauan Tanimbar namun belum tersentuh Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku.

“Masyarakat mengeluhkan hasil laut sangat menjanjikan untuk meningkatkan PAD dan kesejahteraan masyarakat tapi tidak tersentuh,” kata Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Maluku Barat Daya Anos Yermias usai melakukan reses kepada Wartawan, Senin (26/9) di ruang kerjanya.

Dirinya mengaku hasil perikanan khususnya udang di Desa Wermatang, Kecamatan Wermakatian saat ini dikelola oleh kelompok masyarakat.

Untuk itu dirinya berjanji akan melakukan koordinasi dengan dinas terkait agar keluhan masyarakat ini dapat tersampaikan dan mendapat respon dari pemerintah provinsi.

“Memang pengelolaan hasil laut udang di Desa Wermatang sampai dengan saat ini belum ada sentuhan dari pemerintah, nantinya akan dikoordinasikan dengan dinas terkait, agar kedepannya hasil tangkapan masyarakat Wermatang dapat dijadikan komoditi untuk dijual ke luar,” ujar Yermias.

Baca Juga: Tim PORA Gelar Operasi Awasi WNA

Menurutnya, sumber daya kelautan yang ada di Tanimbar, mestinya dijadikan Pemprov Maluku sebagai salah satu sumber untuk meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak maupun pendapatan masyarakat.

Apalagi, pemerintah pusat telah menyediakan fasilitas sarana dan prasarana di pelabuhan Saumlaki, seperti kontainer river yang dapat mendukung proses impor ke luar daerah, hanya saja pemerintah belum intervensi pasar.

“Untuk itu saya berharap adanya perhatian serius dari pemprov untuk dapat mengambil langkah strategis, sebab selama ini hasil dari masyarakat tidak terjual, dan hanya dikonsumsi, akibatnya pendapatan masyarakat setempat menurun. (S-20)