AMBON, Siwalimanews – Rencana Dinas Perhubungan menerapkan parkir elektronik atau e-Parkir, diawal Januari ternyata molor ke bulan Februari.

Kendala teknis yang dihadapi oleh Dinas Perhubungan dengan pihak ketiga membuat penerapan e-Parkir tidak sesuai waktu.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette kepada wartawan, di Balai Kota, Kamis (19/1) menjelaskan, bersama Bank Maluku Malut, Dishub akan melakukan finalisasi terhadap sistem e-parkir guna dilakukan uji coba awal Februari.

“Kita akan lakukan finalisasi seluruh aplikasi yang akan digunakan, peralatannya. Setelah itu selesai, kita lakukan uji coba, mungkin awal Februari nanti sudah uji coba,” jelasnya.

Proses uji coba lanjutnya akan dilakukan selama dua pekan, di tiga lokasi yakni jalan AY patty, AM Sangadji dan jalan Diponegoro.

Baca Juga: Terlantarkan Aset Daerah, DPRD akan Panggil Pemprov

Selain itu untuk mendukung penerapan e-Parkir, Dinas Perhubungan juga menambah jumlah tenaga juru parkir.

“Akan dilakukan penambahan jukir dibeberapa lokasi. Seperti     di kawasan Jalan Diponegoro,  itu sekitar 8 atau 10 Jukir,”  katanya.

Selanjutnya dinas juga akan membuat pelatihan lagi bagi jukir. Baik itu penggunaan peralatan, aplikasi semuanya siap.

“Jukir juga harus disiapkan dengan dilakukan pelatihan bagi mereka. Tinggal kita menyempurnakan sistem yang nantinya akan digunakan dalam penerapan sistem parkir elektronik ini,” ucapnya.(S-25)