AMBON, Siwalimanews – Sebanyak 119 calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja atau PPPK jabatan fungsional mengikuti seleksi yang dipusatkan di SMA Negeri 1 Seram Bagian Timur.

Pemerintah kabupaten paling timur di Pulau Seram ini masih kekurangan guru untuk ditempatkan daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar).

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga SBT Sidik Rumalowak yang meninjau langsung proses tes mengaku karena jumlah pesertanya banyak tes dibagi dalam empat sesi.

“Seleksi ini dilaksanakan pada tanggal 18-19 Januari 2023 kita bagi dalam empat sesi. Sesi I dan II dilaksanakan pada tanggal 18, sedangkan sesi III dan IV akan dilaksanakan pada tanggal 19,” terang kadis.

Selain itu katanya Kabupaten SBT saat ini sangat membutuhkan kehadiran para guru secara kuantitas terutama pada daerah 3T.

Baca Juga: Ratusan Ribu Warga Maluku Terancam tak Ikut Pemilu

“Kami dari dinas teknis sangat membutuhkan kehadiran para guru terutama pada daerah 3T. Kami diperhadapkan dengan berbagai kendala pendistribusian guru. Bagaimana bisa kita mendistribusikan guru sedangkan gurunya tidak ada,” katanya.

Ia berharap peserta yang mengikuti seleksi lulus agar dapat mengabdi dan berkontribusi kepada daerah agar bersama-sama mencerdaskan anak-anak seram bagian timur terutama yang ada di daerah ini.

“Harapan kami adalah melalui seleksi ini para guru bisa lulus dan berkesempatan berdiri didepan kelas untuk mengarahkan anak-anak kami yang ada pada daerah 3T,” harapnya.(S-09)