AMBON, Siwalimanews – Pemerintah pusat memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Ambon dalam penanganan Covid-19.

Apresiasi ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, saat memberikan arahan kepada para tenaga kesehatan yang di pusatkan di Tribun Lapangan Merdeka Ambon, Senin (4/10).

Menurut Airlangga, secara umum Provinsi Maluku memang berada pada level II, sedangkan Kota Ambon juga berada pada level II penyebaran Covid-19 secara nasional, sehingga patut diberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Ambon.

“Dengan data yang ada, telah menunjukkan penanganan Covid-19 telah dilakukan secara baik oleh Pemerintah Kota Ambon, sehingga kita memberikan apresiasi, karena penurunan kasus sejak Agustus lalu telah mencapai 95 persen,” ungkap Airlangga.

Capaian yang baik ini kata Airlangga, harus didorong terus, sebab secara nasional, penurunan kasus terkonfirmasi Covid-19 telah turun menjadi 0,62 persen, sehingga sejalan dengan capaian di Provinsi Maluku dan Kota Ambon.

Baca Juga: SMPN 42 Buru Siap Sukseskan ANBK 2021

Capaian yang ada secara tidak langsung tidak dapat dilepas pisahkan dari bantuan TNI dan Polri yang sudah secara nyata membantu kebijakan PPKM yang berdampak pada mobilisasi masyarakat, sehingga menurunkan angka kasus.

Kendati memberikan apresiasi, Airlangga juga mengingatkan Pemerintah Provinsi Maluku dan Kota Ambon untuk tidak berpuas diri, melainkan harus tetap waspada setiap waktu, karena Indonesia masih berada dalam status pandemi.

“Kita tidak boleh berpuas diri, tapi harus waspada, sebab belajar dari kejadian beberapa bulan lalu saat kasus nasional naik sebanyak 570 ribu secara kumulatif,” pesan Airlangga. (S-50)