AMBON, Siwalimanews –  Pemerintah Provinsi Maluku resmi mendistribusikan logistik bantuan kepada dua kabupaten terdampak bencana gempa dengan menggunakan KM Sabuk Nusantara 72 melalui Pelabuhan Yos Soedarso, Ambon, Selasa (10/1).

Distribusi logistik dilakukan langsung Asisten II Setda Provinsi Maluku Meikyal Pontoh didampingi Kepala BPBD Maluku Ismail Usemahu, Kepala Dinas Perhubungan Muhamad Malawat dan pimpinan OPD lainnya.

Pontoh kepada wartawan mengatakan, menindaklanjuti bencana gempa yang terjadi dini hari dengan magnitudo 7,9 SR langsung diinstruksikan Gubernur Maluku dengan menetapkan situasi tanggap darurat yang proses penetapan saat ini harus mempersiapkan dari awal, dan untuk pengiriman ini sudah dimulai dari sekarang.

“Sore hari ini kita tindaklanjuti dengan mengirimkan logistik ke dua kabupaten yang memang sangat terdampak yakni pada pukul 16.00 WIT diberabgkatkan ke KKT dan pukul 20.00 WIT diberangkatkan ke MBD,” ujar Pontoh.

Untuk Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Kabupaten Maluku Barat Daya kata Pontoh, diberikan bantuan beras sebanyak empat ton ditambah lagi dengan bantuan perlengkapan keluarga yang berasal dari Dinas Sosial Maluku.

Baca Juga: Lakukan Penganiayaan Zylstra Dituntut Empat Bulan Penjara

Bantuan-bantuan tersebut akan dikawal oleh BPBD dengan mengirim petugas guna memastikan bantuan tidak ditumpuk di kabupaten, melainkan disalurkan langsung ke masyarakat.

“Prinsipnya kita ingin seluruh bantuan sampai ke tangan masyarakat agar dapat membantu masyarakat yang saat ini berada di posko pengungsian,” ucap Pontoh.(S-20)