AMBON, Siwalimanews  – Untuk mendukung Pemerintah Kota Ambon dalam menangani masalah sampah, sekaligus menjadikan Ambon bersih, terus didukung oleh berbagai stakeholder.

Selain bantuan armada sampah roda tiga dari pihak BUMN, Jumat (1/9), Pemerintah Kota Ambon kembali menerima bantuan enam unit bak sampah dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Ambon.

Penyerahan bantuan itu berlangsung di Gedung  Keuangan yang dilakukan oleh Kepala KPP Ambon, Alloysius Kurniawan Susetyo Bayunanto dan diterima oleh Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmasse.

Sekot pada kesempatan itu mengatakan, bak sampah yang diterima ini, merupakan bagian dari dukungan terhadap pemkot dan ini suatu hal yang positif. untuk itu pemkot menyampaikan terima kasih atas perhatian KPP Pratama yang turut peduli dan memperhatikan kota ini.

“Kita sadari sungguh, bahwa kebersihan kota ini tidak bisa diurus oleh Pemkot saja, tetapi semua pihak. Kita mau kerja sekuat apapun, tapi kalau tidak ada kesadaran masyarakat, kota ini tetap kotor,” tandas sekot.

Baca Juga: Sekot: Olaharga Tradisional Merupakan Aset Budaya

Menururnya, tingkat kesadaran warga membuang sampah tidak pada tempatnya, menjadi satu problem. Padahal I tahun 80an-90an, kota ini bersih, buang sampah ada waktunya dan pada tempatnya.

“Sekarang, pemerintah kota mau kerja sekeras apapun, tapi kalau tidak didukung dengan kesadaran masyarakat, maka sia-sia, karena armada kita juga terbatas, sementara volume sampah sangat banyak,” ucap sekot.

Untuk itu kata sekot, semoga bak sampah ini dapat bermanfaat, minimal di perkantoran dan pojok jalan-jalan di pusat Kota Ambon bisa diletakan bak-bak sampah seperti ini demi menertibkan kebiasaan warga yang membuang sampah sembarangan, dapat membuangnya di bak sampah yang telah disediakan.

Kepala KPP Pratama Ambon dalam sambutannya menyampaikan terima kasih, karena boleh bertugas dan tinggal di Kota Ambon. Dan sebagai ungkapan rasa syukur, pihaknya mengimplementasikan itu dengan turut peduli untuk menjadikan Ambon bersih.

“Jadi saya kemarin minta tolong teman-teman untuk bagaimana kita menyampaikan rasa syukur itu. Kami sangat berterima kasih karena ide sederhana kami sangat diapresiasi oleh pemerintah kota. Ini merupakan suatu kehormatan karena pak sekot bisa hadir disini,”ujarnya.

Selain itu kata dia, ini juga sebagai upaya untuk meningkatkan hubungan KPP dan Pemkot Ambon untuk tetap saling bersinergi dan semoga ini menjadi awal hubungan yang baik dan berkelanjutan.

“Ini juga partisipasi dari Kantor Bea Cukai, KPPN, Perbendaharaan juga dan Kantor Lelang,” tuturnya.(S-25)