AMBON, Siwalimanews – Pemkot Ambon menambah lagi 3 armada angkut sampah. Dua unit dibeli dengan APBD dan 1 unit lagi merupakan bantuan dari pemerintah belanda melalui MVO Nederland (sweepsmart).

Selain memberikan 1 unit mobil pengangkut sampah, MVO Nederland juga membantu 5 TPS beserta perlengkapannya dan 1 unit TPS3R kepada Pemkot Ambon.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Ambon Alfredo Hehamahua menjelaskan bantuan yang diberikan Pemerintah Belanda merupakan realisasi dari perjanjian kerja sama dengan MVO Nederland (sweepsmart) yang dilakukan 2 tahun silam.

“Satu unit mobil sampah compactor yang diberikan pemerintah belanda memiliki kapasitas angkut 5 ton,” terang Alfredo.

Menurutnya mobil ini memiliki kelebihan karena sudah dilengkapi sistem teknologi pengangkut sampah otomatis. Dimana sampah yang berada di TPS bisa langsung dimasukan ke dump dan dipres untuk selanjutnya dibawa ke TPS3E yang ada di TPA.

Baca Juga: Stunting Jadi Fokus PKK Malteng

Semua bantuan yang diberikan sudah tiba di Ambon, lanjutnya baru akan diserahkan pihak pemberi bantuan kepada Pemkot Ambon ada 26 juni mendatang.

“Keberadaan tiga unit mobil angkut sampah baru ini untuk peremajaan mobil yang sudah ber­-usia lanjut sekaligus menata jalur yang paling dibutuhkan untuk penanganannya,” terangnya.

Dengan adanya penambahan be­be­rapa unit armada pengangkut, kata dia dapat membantu pemkot me­ngatasi permasalahan sampah. (Mg-1)