AMBON, Siwalimanews – Bank Negara Indonesia (BNI) Perseoan Tbk  siap membantu pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi Maluku ditengah mewabahnya pandemi Covid-19, Jumat (18/12)

Percepatan pemulihan ekonomi dilakukan penantatanganan MoU antara Gubernur Maluku Murad Ismail dengan Pimpinan PT BNI Wilayah Makassar, Hadi Santoso yang disaksikan oleh Sekda Maluku Kasrul Selang, Regional CEO Kalimantan, Sulawesi, Maluku & Papua PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk Aryo Wijoseno dan sejumlah pimpinan OPD Lingkup Pemprov Maluku.

Pada kesempatan itu, PT BNI Wilayah Makassar juga menyerahkan bantuan permodalan kepada lima orang pelaku UMKM di Maluku.

Bantuan masing-masing diberikan kepada Engga pelaku UMKM (perdagangan pakaian), sebesar Rp.150 juta, Dasiwan, suplier sayuran organik sebesar Rp.50 juta, La Rafiu, UMKM Perdagangan Hasil Bumi Rp.200 juta, Samsiah, perdagangan sembako Rp.50 juta dan Benjamin S, suplier sayuran hisroponik sebesar Rp.70 juta.

Bantuan lainnya yang diserahkan adalah 200 set APD lengkap dan 1.000 paket sembako senilai Rp.100 juta untuk diserahkan kepada warga terdampak Covid-19.

Baca Juga: Malteng Jadi Kabupaten Terinovatif

Pimpinan BNI Wilayah Makassar, Hadi Santoso dalam sambutannya mengatakan BNI akan mendukung Pemprov Maluku dalam pemulihan ekonomi masyarakat dengan mendukung UMKM melalui penyaluran kredit.

“Visi misi pak gubernur yaitu, Maluku yang terkelola secara jujur, bersih dan melayani, terjamin dalam kesejahteraan dan berdaulat atas gugusan kepulauan inilah yang menjadi landasan kebijakan kami untuk hadir di Maluku,” kata Hadi.

BNI sebagai salah satu BUMN punya kewajiban untuk mendukung program Pemda termasuk dalam situasi pandemik, untuk sama mempercepat pemulihan ekonomi.

“kami siam membantu pemulihan ekonomi, ini yang paling penting saat ini,” jelas Hadi.

Berkaitan dengan hal tersebut, BNI, kata Hadi telah melakukan mapping berdasarkan sektor unggulan terutama produk-produk unggulan yang ada di masing-masing kabupaten. Begitu juga  dengan PDRB masing-masing kabupaten.

Selain itu, pihaknya telah memberikan kewenangan penuh untuk memproses dan memutuskan kredit di semua cabang-cabang BNI yang ada di kabupaten/kota di Maluku.

“Pembiayaan yang kami lakukan tidak hanya kepada UMKM tetapi  searah dengan visi misi pemerintah, kami juga fokus pada pembiayaan sektor perikanan, pertaniam dan sektor prioritas lainnya yang mendukung kegiatan ekspor,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Regional CEO Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk, Arto Wijoseno mengaku, pihak Garuda pun akan membantu penerbangan guna kelancaran ekspor potensi perikanan Maluku ke Negara Jepang.

“Saya mendapatkan perintah dari Dirut Garuda pak Irfan Setiaputra untuk mensuport pertumbuhan ekonomi kawasan Indonesia Timur termasuk di Maluku. Kedatangan saya sekaligus menindaklanjuti kunjungan diskusi dengan gubernur saat kunjungan ke Ambon beberapa waktu lalu,” kata Aryo.

Sementara itu, Gubernur Maluku, Murad Ismail menyampiakan apresiasi kepada pihak Pimpinan PT BNI Wilayah Makassar dan PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk yang telah hadir ke Maluku untuk memberikan dukungan kepada Pemprov Maluku.

“Hari ini, atas nama pribadi, Pemprov dan masyarakat Maluku, saya memberikan apresiasi yang luar biasa, karena telah sudi datang ke Maluku dengan niat bersama-sama Pemprov membangun Maluku,” ungkap Murad.

Diakui semenjak di lantik dirinya selalu berusaha bertemu dengan pimpinan-pimpinan lembaga manapun untuk menggugah mereka membantu percepatan pembangunan di Maluku.

|Saya selalu berbicara dengan siapa saja, yang saya pikir bisa bantu Maluku, saya usahakan melalui mereka,” terang Murad.

Dirinya mengaku keinginannya untuk memajukan Maluku dan mensejahterakan masyarakat.

“Saya yakin, jika dengan niat yang tulus, Insha Allah, Allah mendukung kita untuk bangun Maluku dan terima kasih pak Hadi dengan BNI hadir untuk Maluku, terima kasih juga kepada Pak Aryo,” tandasnya.

Usai sambutan acara dilanjutkan dengan pemberian oleh gubernur kepada Pimpinan PT BNI Wilayah Makassar Hadi Santoso.  (S-39)