DOBO, Siwalimanews – Pengamanan Tim Gustu Aru yang dibilang cukup ketat baik di laut, darat maupun udara, ternyata jebol juga. Pasalnya 1 unit kapal ikan asal Korea Selatan lolos masuk bahkan saat ini sementara menuju salah satu perusahan perikanan si Pulau Wasir Kecamatan Pulau-pulau Aru.

Juru Bicara Gustu Aru, Fredik Hendrik saat di konfirmasi Siwalimanews melalui telepon selulernya, Jumat (3/7) membenarkan hal tersebut, bahwa ada kapal asing yang masuk di Pulau Wasir, Selasa (36) lalu.

“Kita terima informasi itu langsung dilaporkan dan Ketua Gustu langsung perintahkan tim turun periksa kapal terkait dengan dokumen kapal maupun dokumen kesehatan sesuai protokol yang diterapkan,” ungkapnya.

Saat ini kata dia, kapal tersebut telah dilarang untuk bersandar di pelabuhan milik perusahan perikanan disana, sebelum dilakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen kapal maupun dokumen kesehatan dari ABK.

“Setelah dilakukan pemeriksaan seluruh dokumennya lengkap, dan kemarin, kapal sudah berangkat,” tuturnya.

Baca Juga: DPRD Minta Seleksi IPDN Utamakan Mutu

Sementara terkait dengan lima kapal asal Probolinggo yang pada dua hari kemarin masuk dan berlabuh di perairan Pulau Wamar tepatnya di sekitaran pelabuhan perikanan Dobo menurut Hendrik, pihaknya belum menerima laporan dokumen terkait dengan penetapan protokol kesehatan.

Pasalnya, kapal-kapal tersebut menurut informasi sudah diperiksa oleh tim patroli laut Lanal Aru, namun sampai

hari ini gustu belum menerima laporan hasil pemeriksaan tersebut dari pihak Lanal Aru.

“Kita juga belum mengetahui dengan pasti, apakah seluruh ABK kapal tersebut miliki surat rapid test dari daerah asal atau belum,” jelasnya.

Sementara itu, Pasie Intel Lanal Aru, Kapten Edy yang di konfirmasi Siwalimanews, melalui pesan WhastAppnya, Jumat (3/7) hanya menanyakan, nama kapal dan minta waktu untuk jalankan Sholat Jumat. (S-25)