MELEPAS kontingen Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI)  Kota Ambon, guna mengikuti perlombaan antar kota/kabupaten se-Provinsi Maluku mulai Sabtu (5/11) sampai dengan Selasa (8/11) mendatang, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memberi support dan dukungan untuk proses yang akan berlangsung selama empat hari tersebut.

“Jadi kami support, kami memberikan dukungan tentu dengan berharap mereka menampilkan yang terbaik saat mengikuti lomba nanti,” ungkap Penjabat. Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena, usai melepas kontingen di ruang rapat Vlissingen, Jumat (4/11).

Dakatakan, setiap kali melepas utusan dalam bidang musik atau bidang olahraga dan lainnya, dirinya selalu berharap para duta terbaik ini dapat memberikan yang terbaik baik bagi kota ini, termasuk dengan Kontingen LASQI Kota Ambon

“Melepas duta-duta utusan Kota Ambon dalam segala hal itu selalu kita berharap mereka akan memberikan yang terbaik pada kota ini, tetapi di satu sisi kami tidak membebankan meraka dengan target yang harus juara umum,” tuturnya.

Lanjutnya, apa yang dilakukan oleh mereka (kontingen LASQI), merupakan perwujudan dari Ambon City of Music, sehingga patut didukung dan diberi apresiasi guna menghargai perjuangan membawa nama kota ini, di tingkat Provinsi yang kemudian apabila menang akan mewakili Provinsi menuju perlombaan tingkat Nasional.

Baca Juga: Lantik Pengurus IPPMA, Walikota Minta Bantu Tertibkan Pasar

“Menjadi kewajiban kita untuk terus memberikan semangat dan membina mereka secara berkelanjutan karena mereka aset-aset Kota Ambon salah satunya dalam rangka mewujudkan Ambon City Of Music seperti itu,” jelasnya.

Ditegaskannya, tak ada target, akan tetapi pihak Pemkot tetap akan support usaha yang dilakukan oleh para kontingen,  menang atau kalah tetap akan diberi apresiasi atas usaha yang dilakukan nantinya.

“Yang harus kita lakukan adalah memberikan semangat kepada mereka supaya bisa menampilkan yang terbaik, dari penampilan terbaik itulah jika juara ya syukur, tidak juara juga bukan berarti semua selesai,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Kontingen Festival LASQI tingkat Provinsi Maluku dipimpin langsung oleh Ibu Lisa M. Wattimena, dan mengikuti seluruh mata lomba yang ada yakni, Bintang Vokal (Anak, Remaja Dewasa), Pop Religi (Anak, dan Remaja), Qasidah Klasik, Qasidah Remaja Putra, Qasidah Remaja Putri, dan Qasidah Kolaborasi. (S-25)