SAAT melantik Pengurus Ikatan Pedagang Pasar Mardika (IPPMA) Kota Ambon. Penjabat. Walikota, Bodewin M. Wattimena meminta asosiasi ini dapat membantu kerja Pemerintah untuk menertibkan pasar yang semerawut dan tak represen­tatif lagi.

Dikatakannya, saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon sedang ber­upaya berkolaborasi, bekerjasama, dengan seluruh elemen masyarakat guna mewujudkan program-program kesejahteraan warga kota ini, agar tidak merugikan semua pihak.

“Pemerintah sementara berupaya bersama-sama dengan komponen masyarakat untuk menyejahterah­kan rakyatnya termasuk pedagang, bukan menyusahkan para pedagang. Oleh karena itu, tidak ada kebijakan yang merugikan pedagang,” tandas  Wattimena, saat memberi sambutan, pada Aula Kantor DPRD Provinsi Maluku, Sabtu (05/11).

Bebernya, sampai dengan saat ini meski telah ditertibkan, namun masih saja pasar Mardika terlihat kumuh. Sehingga dirinya meminta kepada pengurus IPPMA yang baru saja dilantik, agar dapat menyelesaikan permasalahan ini bersama Pemkot.

Yang terpenting adalah, mampu menyelesaikan permasalahan soal preman pasar yang sampai dengan saat ini mengancam keberadaan pedagang.

Baca Juga: Indey: Pemuda Harus Inovasi dan Kreatif

“Dengan dilantiknya pengurus IPPMA pasar mardika harus ditertibkan, dan para preman juga dapat ditangani kami Pemerintah siap membantu ada TNI/POLRI yang memback-up,” terangnya.

Kata Penjabat Walikota, banyak asosiasi pedagang yang terlah dibentuk dan melakukan kerjasama dalam upaya menyejahterahkan semua pedagang dan masyarakat. Oleh sebab itu dirinya berharap, dengan kepengurusan baru segala hal yang merujuk pada kesejahteraan dapat terlaksana dengan baik.

“Yang pasti adalah Pemkot mendukung seluruh elemen masyarakat yang mau mengabdikan dirinya untuk bersama-sama bekerja bagi kemajuan kota ini. IPPMA melaksanakan fungsinya dengan baik, dan para pedagang ikut aturan,” pungkasnya.Sementara itu, ketua IPPMA, Rudiman Tewe menjanjikan dalam masa kerjanya pada periode 2022/2027 akan berjalan sesuai dengan permintaan Pj. Wali Kota Langkah pertama yang akan dilaksanakan mengawali keberlangsungan tugasnya, akan dilaksanakan konsolidasi pedagang agar terorganisir dengan baik.

“Kami akan mengkonsolidasi kembali seluruh pedagang pasar Mardika dan pendataan para pedagang untuk menghindari gesekan yang berujung pada insiden sehingga menganggu ketertiban dan ketenteraman bagi mereka sendiri di Pasar Mardika Ambon,”tutup Tewe. (S-25)