AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon siap mencairkan dana gempa yang saat ini sudah berada pada rekening penerima bantuan namun masih dibekukan tersebut. Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengungkapkan, pemerintah sesungguhnya telah siap untuk mencairkan dananya, namun justru sampai dengan saat ini belum ada sinyal yang diberikan oleh para fasilitator dari Pemprov Maluku tersebut.

“Pemerintah Kota Ambon itu sudah siap bayar by name by address. Hanya saja mekanis­menya itu ada kelompok yang di dampingi oleh pendamping. Pendamping itu dari provinsi,” ungkap walikota kepada wartawan di Ambon, Senin (3/11).

Dirinya menegaskan justru pihak Pemkot hanya menunggu dorongan dari pendamping yang disebut fasilitator tesebut. “Pendamping itu namanya fasilitator, itu dari provinsi ya  kita sudah siap klau fasilitatornya dorong untuk cepat, ya kita tinggal bayar. Semakin cepat bayar, semakin enak,” ujarnya.

Disinggung, terkait tudingan masyarakat, pemerintah baik provinsi maupun pemkot yang terkesan mempersulit upaya pencairan dana tersebut, walikota dengan tegas membantah tudingan tersebut.

“Kalau itu sih kita tidak tahu dong. Prinsipnya yang penting kita punya uang sudah siap. Ketika administrasi sudah siap dan lengkap kita bayar. Ini yang masalahnya fasilitator dari provinsi,” tegasnya. (Cr-6)

Baca Juga: Dokumen Kelengkapan Hambat Pencairan Dana Gempa