AMBON, Siwalimanews – Proses revitalisasi sampai dengan saat ini belum terlaksana lantaran harus menunggu kabar lanjutan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) RI melalui Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dispe­rindag) Kota Ambon, Sirjhon Slarmanat mengatakan, sesuai dengan rencana awal penandatangan kontrak dengan pemenang tender yakni PT. Waskita Karya sudah harus dilaksanakan pada akhir September lalu.

“Nah, kami memperoleh informasi bahwa itu agenda dimulai dari pengumuman sampai dengan penetapan pemenang melalui penandatanganan kontrak itu sebetulnya sudah di bulan September akhir,” beber Slarmanat, kepada Siwalima, di ruang kerjanya, Senin (11/10).

Namun, kenyataannya sampai dengan saat ini proses revitalisasi tak kunjung dikerjakan. Hal ini dikarenakan Pempus yang diwakilkan oleh BP2JK belum bersurat resmi atau secara tertulis kepada pihaknya.

“Sekarang kita sudah masuk Oktober, maka kewenangan itu berada di Kementerian PUPR RI, melalui BP2JK, kita masih koordinasi kira-kira persoalan apa,” katanya.

Baca Juga: Haurissa Harap Pokok Pikiran DPRD Masuk RAPBDP 2021

Slarmanat menegaskan pihaknya hanya bertanggung jawab untuk menyediakan lahan sehingga, saat ini lahan tersebut telah steril tinggal langkah selanjutnya yang harus dikerjakan oleh pemenang, namun berdasarkan surat resmi dari BP2JK.

“Tanggung jawab kita adalah menyiapkan lokasi sekarang lokasi sudah clear itu berarti bahwa pasar sudah siap dikerjakan,” jelasnya.

Tambahnya, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan BP2JK agar proses ini dapat berjalan tepat waktu. Mengingat proses pengerjaan sesuai dengan perjanjian awal adalah multi years atau pengerjaan yang dilaksanakan selama 18 bulan.

“Nah tetapi karena kondisi teknis didalam itu yang perlu kita koordinasikan namun         yang pasti sesuai dengan informasi dari balai tahun ini tetap akan pekerjaan,” pungkas Slarmanat.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) Kota Ambon, Enricho Matitaputty memastikan proses revitalisasi Pasar  Mardika akan berjalan akhir bulan ini.

“Pasti akhir Juli, kalau asumsi kita lelang itu bisa satu bulan, paling akhir atau awal Agustus,” ungkapnya Matitaputty, kepada wartawan di halaman parkir Balai Kota Ambon, Senin (19/7).(S-52)