AMBON, Siwalimanews –  Tak disangka, antusias masyarakat di Negeri Haruku dan Negeri Sameth Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah  begitu tinggi untuk mengikuti vaksinasi Presisi, yang digelar Polda Maluku, pekan lalu.

Vaksinasi Presisi yang digagas Dik IK 7 Pers itu menggandeng Dokkes dan Brimob yang berjumlah 37 orang dipimpin oleh Kabid Dokes Kombes Pol drg Subur didampingi Ka Rumkit RS Bhayangkara Polda Maluku dr Dandi, sementara Dit IK 7 Pers dipimpin Aiptu Fadly Lahadima.

Antusias warga ini terlihat dengan kehadiran masyarakat yang berbondong-bondong mendatangi lokasi vaksinasi di depan SDN 2 Haruku, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Tercatat sebanyak 900 masyarakat yang mengikuti vaksinasi dan ini jumlah  terbanyak selama proses vaksinasi yang dilakukan baik oleh pemerintah daerah maupun instansi vertikal lainnya di Provinsi Maluku dalam sehari.

Lahadima mengatakan, pukul 07.55 WIT, tim tiba di Negeri Haruku dan langsung melakukan kegiatan vaksin.

Baca Juga: Polresta Ambon Gagalkan Penyelundupan Ratusan Liter Miras

“Kegiatan vaksinasi diawali dengan pembagian masker oleh Kabid Dokes Polda Maluku kepada para pelajar SMP, SMA dan para masyarakat, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan vaksinasi dengan menggunakan Vaksin Sinovac dimulai dari pelajar SMP dan SMA kemudian dilanjutkan pada orang dewasa,” ungkapnya.

Kemudian lanjut, Lahadima, pukul 13.15 WIT, Warga dari Negeri Oma berjumlah sekitar 85 orang tiba di Negeri Haruku untuk mengikuti Vaksinasi.

“Hasil wawancara terhadap warga masyarakat dari Negeri Oma terkait partisipasi untuk  mengikuti kegiatan Vaksin kerena pada saat pelaksanaan Vaksin di Negeri Oma, sebagian masyarakaat masih meragukan efek dari vaksin,” katanya.

Lahadima merincikan,  peserta yang mengikuti Vaksinasi sebanyak 900 orang itu terdiri dari siswa SMP 200 orang, SMA  160 orang masyarakat Negeri Haruku  370 orang,  masyarakat Negeri Sameth 80 orang,  masyarakat Negeri Oma 85 orang, dan masyarakat Negeri Hulaliu 5 orang.

Sementara untuk dosis satu sebanyak 881 orang dan dosis dua 19 orang.

“Dengan jumlah tim sebanyak 37 personil itu berhasil melakukan vaksinasi bagi 900 warga dan kegiatan selesai pukul 17.30 WIT,” ujar Lahadima.

Lahadima menambahkan, vaksinasi presisi yang dilakukan oleh  Polda Maluku ini,  selain untuk menekan penyebaran Covid-19 tetapi juga Herd Immunity atau memberikan perlindungan maupun kekebalan kelompok.

Raja Negeri Haruku, Zefnath Ferdinadus mengapresiasi kinerja Polda Maluku yang sudah berupaya untuk melakukan vaksinasi bagi masyarakat di Negeri Haruku.

“Sebagai pemerintah Negeri Haruku, kami sangat berterima kasih atas bantuan Polda Maluku yang sudah bisa melakukan vaksinasi bagi masyarakat disini sebagai upaya untuk memutus mata  rantai penyebaran Covid-19,” tandas Ferdinandus.

Hal senada juga disampaikan Penjabat Negeri Sameth, Johan Mustamu. Ia mengaku, selaku Pemerintah Negeri Sameth, pihaknya mengu­capkan terima kasih bagi Polda Maluku yang telah memberikan bantuan bagi masyarakat Negeri Sameth bukan saja dalam bentuk sembako tetapi juga vaksinisasi.

“Terima kasih banyak untuk semua bantuan dan kerja sama ini. Polda Maluku begitu memper­hatikan kami masyarakat Sameth baik dalam bentuk pemberian sembako maupun vaksinasi yang telah dilakukan,” cetusnya.

Ia mengaku, vaksinasi ini sangat dibutuhkan masyarakat karena selain meningkatkan kekebalan tubuh dalam menghadapi Covid-19 tetapi masyarakat tidak bisa melakukan aktivitas ke luar daerah jika tidak mengantongi kartu vaksin.

“Sekali lagi, kami pemerintah Negeri Sameth mengucapkan te­rima kasih bagi Polda Maluku yang begitu memperhatikan masyarakat di sini,” terang Mustamu. (S-16)