AMBON, Siwalimanews – Akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Ambon dan sekitarnya sejak Senin (10/7) hingga Rabu (12/7) menyebabkan lima rumah rusak.

Berdasarkan data BPBD Kota Ambon dilaporkan, sejumlah titik yang mengalami bencana alam berupa pohon tubang dan tanah longsor dibeberapa titik

Pelaksana tugas BPBD Kota Ambon, Fahmi Salla­talohy kepada Siwalima, Rabu (12/7) menjelaskan, longsor dan pohon tum­banmg menimpa rumah warga sehingga

mengakibatkan keru­sakan pada bagian ba­ngunan terdapat di Kecamatan Sirimau, Kelurahan Batu Gajah Lorong Dolorosa RT/RW 001/002. Sedangkan di Kecamatan Nusaniwe, Kampung Siwang, Negeri Urimessing, Jemaat Kezia, RT/RW 003/007.

Selain itu, di Kelurahan Benteng Jln Dr Kayadoe RT/RW 003/002, dan Kecamatan Teluk Ambon Desa Tawiri RT 001/RW 005.

Baca Juga: Pimpinan OPD tak Hadir, Dewan Ancam Tolak LPJ Gubernur

Berikutnya di Kecamatan Sirimau, Kelurahan Batu Meja, Bere-bere, RT/RW 001/005.

“Kepada korban yang terdam­pak telah dilakukan penanganan darurat dan diberikan bantuan logistik kepada masyarakat yang terdampak dan pemangkasan ba­gian pohon yang menimpah ru­mah,”ujarnya.

Sedangkan untuk rumah terancam longsor, ada 8 unit. Dan rumah terdampak banjir 10 unit itu terdapat di Kecamatan Teluk Ambon, Desa Tawiri Depan Asrama TNI AL (sekitar ± 10 unit).

“Dan untuk daerah titik longsoran 8 titik, itu di Jl. Haruhun RT002/RW003 Kelurahan Waihoka, Keca­matan Sirimau Jl. Sirimau RT001/RW007 Kelurahan Batu Meja, Kecamatan Sirimau RT003/RW003 Kelurahan Batu Gajah, Kelurahan Waihoka, Jln Haruhun Pule, RT/RW 002/001, Kecamatan Nusaniwe, Kelurahan Urimessing, Dusun Tuni, RT/RW 001/005, Kecamatan Letisel, Kelurahan Hutumuri, Jl  Dr Wem Tehupiory, RT/RW 002/004, Batu Gajah Atas, RT/RW 004/004, Keca­matan Nusaniwe, Kelurahan Uri­messing, Dusun Kusu-kusu Sereh RT/RW 004/00,” sebutnya.

Banjir

Selain itu, untuk daerah titik banjir tercatat ada  titik, itu Kecamatan Teluk Ambon, Desa Tawiri depan Asrama TNI AL. hingga hari ini, terdapat 6 titik pohon tumbang di Kecamatan Sirimau, Kelurahan Batu Gajah,  Lorong Dolorosa RT/RW 001/002, Kecamatan Nusaniwe, Kampung Siwang, Negeri Urimes­sing, Jemaat Kezia, RT/RW

003/007, Kecamatan Teluk Ambon, Desa Tawiri RT 001/RW 005, Keca­matan Baguala, Lorong Optik, Halong Baru, Kecamatan Teluk Ambon, Desa Hative Besar, Kecamatan Baguala Desa Lateri.

Fasilitas Umum

untuk fasilitas umum terdapat jalan raya di wilayah tanjakan 2000 Kebun Cengkeh, Kecamatan Sirimau, Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon, Lateri, Kecamatan Baguala dan 1 jalan sepatak di Dusun Kusu-kusu Sere.

Menurutnya, semuanya telah dilakulan langkah-langkah pena­nganan oleh BPBD Kota Ambon, dan dibantu Damkar, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Dinas Sosial dalam hal memberikan bantuan makanan kepada korban longsor.

“BPBD Kota Ambon turun ke lokasi longsor dan memberikan bantuan logistik. BMKG juga membantu memberikan informasi penginputan dini cuaca dan dibagi di WA Group, Dinas Kominfo memberikan informasi pantauan CCTV Pemerintah Kota Ambon pada 5 sungai di Kota Ambon maupun pada jalan-jalan protokol di Kota Ambon. Dan BPBD Kota Ambon serta Call Center Kominfo membe­rikan flyer kesiap-siagaan bagi warga Kota Ambon melalui SMS broadcast dan WA Group,” urainya.

Pohon Tumbang

Hujan deras disertai angin ken­cang yang terjadi, Rabu (12/7), mengakibatkan sebuah pohon di daerah Hative Besar, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, tum­bang.

Batang pohon jatuh tepat dibadan jalan raya utama hingga menutup akses jalan menuju Bandara  In­ternasional Pattimura.

Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun materil dalam peristiwa tersebut.

Plt. Kepala BPBD Kota Ambon, Fahmi Sallatalohy yang dikonfirmasi via telepon seluler mengatakan, pohon itu tumbang sekira pukul 11.00 WIT.

“Saya berkoordinasi dengan staf dan juga Damkar, untuk minta agar ditebang dan dibersihkan, karena jatuhnya menutupi badan jalan, sehingga akses dari arah Bandara maupun menuju Bandara itu terhalangi,” jelasnya.

Ditambahkan, sekitar pukul 12.30 WIT, batang pohon tersebut telah dibersihkan dari badan jalan, sehingga aktivitas kendaraan kem­bali normal.(S-25)