AMBON, Siwalimanews – Setelah sebelumnya hilang diambil oknum tidak bertanggung jawab, akhirnya Pemkot Ambon kembali penuhi sabun pembersih tangan pada tujuh buah wastafel diseputaran Jalan Ay Patty.

Sabun pembersih tangan merupakan salah satu upaya Pemkot Ambon untuk menekan penyebaran virus Covid-19 ditengah masyarakat, karena itu masyarakat dianjurkan untuk rajin mencuci tangan.

Menurut Kepala Dinas Peker­jaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ambon, Enrico Mati­-taputty  mengungkapkan, tujuh sabun cuci tangan yang hilang di Jalan AY. Patty telah ganti.

“Ada 7 buah sabun yang telah diganti, kalau ada masyarakat yang melihat kosong mereka bisa langsung inbox di PUPR punya facebook itu ajah diganti,” jelas Matitaputty saat dihubungi Siwalima melalui telepon selulernya, Jumat (27/3)

Matitaputty menghimbau masyarakat  masyarakat untuk sama-sama memerangi virus corona yang saat ini sangat meresahkan warga, sehingga tidak ada lagi kejadian sabun hilang.

Baca Juga: Harga Bawang Merangkak Naik

Dia juga meminta, masyarakat menjaga bersama semua fasilitas yang telah disediakan pemerintah.

“Miris Rabu pagi dilaporkan bahwa tempat sabun dan isinya di semua wastafel-wastafel Jalan A.Y Patty lenyap. tolong kerjasama dan partisipan untuk kepentingan bersama, berharap ini kejadian pertama dan terakhir. kita semua marah, tapi tetap kami akan pasang lagi hari ini, supaya Ambon tetap bersih dan kita lawan bersama virus corona,” harapnya.

Ia meminta, masyarakat untuk menjaga bersama-sama fasilitas yang sudah disiapkan pemerintah untuk memerangi virus corona, salah satunya dengan penyediaan wastafet guna membersihkan tangan setiap hari.

Pasang 50 Wastafel

Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, Pemkot Ambon akan memasang 50 wasafel pada beberapa lokasi di wilayah Kota Ambon.

“Ada 50 wastafel yang memang kami siapkan dan tersebar pada daerah pemkot, seperti di Jalan AY Patty, Pattimura Park Lapangan Merdeka, Taman Amahusu,” jelas Walikota dalam konfrensi persnya kepada sejumlah wartawan di Kantor Walikota Ambon, Senin (16/3).

Louhenapessy menjelaskan, fungsi dari wastafel yang di pasang di tempat umum agar ketika masyarakat membeli di toko dan yang berolahraga dapat mencuci tangan. “Di Pemkot sini masyarakat yang masuk mau berurusan nanti kan dia cuci tangan dulu bersih, kemudian di AY Patty juga disiapkan, apabila dia masuk berbelanja cuci tangan, lalu kemudian di pattimura park kalau orang yang olahraga dia bisa cuci tangan,” jelasnya.

Ditegaskan, pemkot akan memberikan himbauan kepada hotel-hotel dan restauran untuk penga­daan wastafel agar pengunjung dapat mencuci tangan. “Termasuk juga nanti kita memberikan himbauan kepada hotel-hotol dan restaurant untuk itu,” tegasnya. (Mg-6)