AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon menggelar gerakan pangan murah yang dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Hatukau, Desa Batu Merah, Kamis (4/4).

Kegiatan tersebut digelar, bertujuan untuk menjaga stabilitas dan pasokan harga pangan menjelang Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena dalam arahannya menjelaskan, kegiatan ini merupakan gerakan nasional yang bertujuan untuk menjaga stabilitas harga pangan bagi konsumen dengan harga wajar.

Ditambah lagi, saat ini harga kebutuhan bahan pokok sedang mengalami kenaikan, misalnya saja beras premium. Hal yang sama juga terjadi pada bebebrapa komoditi lainnya seperti telur, bawang dan cabe.

“Mudah-mudahan hal ini bisa terus dipertahankan. Kegiatan yang berlangsung ini diyakini dapat menstabilkan harga pangan yang terjangkau bagi masyarakat, terutama masyarakat yang ekonomi rendah, ” ujar walikota.

Baca Juga: Angkasa Pura Buka Posko Pengendalian Transportasi Udara

Selain itu kata walikota, kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga stabilisasi pasokan pangan kepada konsumen, sebab sebagaimana arahan presiden beberapa waktu lalu, poin penting ialah pengendalian inflasi dengan pantau harga di lapangan dan ini menjadi isu nasional.

“Adapun komoditi yang dijual diantaranya beras, minyak goreng, telur, gula, bawang merah, bawang putih, cabe rawit, cabe besar, sayur kangkung serta beberapa komoditi lainnya. Harapan kami ialah kegiatan ini bisa memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, terutama umat Islam dalam merayakan Idul Fitri 1445 Hijriyah,” ujar walikota.

Sebelumnya Sekretarus Dinas Pertanian Feby Simatauw  dalam laporan pelaksana kegiatan menjelaskan, kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak secara nasional dan anggarannya bersumber dari dana Dipa Badan Pangan Nasional tahun 2024.

“Adapun pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut yakni Bulog, distributor Berkat Abadi, Alfamidi dan Indomaret,” bebernya. (S-29)