AMBON, Siwalimanews – Hari terakhir layanan penukaran uang pecahan kecil melalui kas keliling, yang dipusatkan di Lapangan Merdeka Ambon diserbu warga.

Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku A Yazid Niam menjelaskan, pelayanan penukaran uang pecahan kecil ini adalah bagian dari Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah ldul Fitri (Serambi).

Ini sudah berlangsung selama tiga hari, yang dimulai sejak, Selasa (2/4) hingga Kamis (4/4) hari ini.

“Ini menjadi hari terakhir penukaran uang untuk persiapan perayaan Idul Fitri 1445 Hijriyah, dan kita melihat antusias warga meningkat, hari pertama, kedua bisa mencapai 300-350 orang, dan karena ini hari terakhir, sejak pagi hingga pukul 13.00 WIT sebelum ditutup, bisa mencapai 500-600 orang,” jelas Niam kepada Siwalimanews di Ambon, Kamis (4/4).

Ditanya terkait pecahan yang lebih dominan ditukar warga untuk persiapan Idul Fitri, Niam mengaku, kebanyakan pada pecahan Rp5 ribu, tetapi pecahan kecil lainnya juga diminati.

Baca Juga: Arus Mudik di Pelabuhan Moa Masih Sepi

“Tapi yang paling diminati itu yang pecahan Rp5 ribu,” tandasnya.

Menurutnya, meski layanan kas keliling ditutup, warga masih bisa melakukan penukaran uang secara langsung di bank-bank terdekat.

Dari Rp936,6 miliar uang pecahan kecil maupun pecahan besar yang disiapkan untuk penukaran dan pendistribusian ke bank-bank dan juga ke kas titipan di Fak-fak, Namlea dan Saumlaki, baru sekitar Rp60 miliar uang pecahan kecil yang ditukarkan warga.(S-25)