AMBON, Siwalimanews – Pemerintah kota Ambon resmi mencanangkan program Jumat Berbagi Zakat, Infaq dan Sedekah atau yang dikenal dengan Jumpa Berkat, Jumat (27/1).

Pencanangan yang berlangsung di Tribun Lapangan Merdeka Ambon itu, sekaligus dilakukan penandatanganan MoU antara Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Tim Prnggerak PPK Kota Ambon.

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena pada kesempatan itu mengatakan, Program Jumpa Berkat, adalah bentuk gerakan kemanusian sebagai wujud perhatian dan kepekaan sesama manusia.

“Kita ketahui bersama, bahwa zakat adalah suatu kewajiban yang harus kita lakukan. Dengan itu, bersama setiap umat Muslim yang mampu, sesuai dengan syariat Islam, kami menjalankan ini,” ujar walikota.

Dwalikota menjelaskan, zakat sebagai pranata yang memiliki tujuan luhur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan untuk nilai manfaat, sebagai pemerintah non struktual yang baru saja merayakan HUT ke-22 pada 17 Januari kemarin, maka Pemkot Ambon telah mengeluarkan Perwali Nomor 23 tahun 2022 tentang Sistem Pengelolah Zakat pada Lingkup Pemerintah Kota Ambon.

Baca Juga: Dua Kapal Roro Bantuan Kemenhub Tiba di Dobo

“Ini sebagai upaya mendorong peningkatan ketahanan pangan, serta sebagai bentuk dukungan dari Pemkot Ambon kepada Baznas dalam membantu menurunkan angka kemiskinan, stunting, kekerasan seksual terhadap anak, dan membangun rumah layak huni,” jelas walikota

Walikota berharap, kegiatan ini dapat membantu pemkot untuk terus mensejahterakan masyarakat yang harmonis dalam upaya membangun Kota Ambon, yang lebih baik.(S-25)