AMBON, Siwalimanews – Pemkot Ambon telah membagikan 12.182 paket sembako kepada warga Kota Ambon di lima kelurahan.

“Sebanyak 9.863 paket sembako pada tiga kelurahan yakni, Kelurahan Benteng, Rijali, Urimesing yang nantinya akan diikuti dengan kelurahan Wainitu dan Kudamati sebanyak 2.319,” jelas Sekretaris Dinas Sosial Kota Ambon, Naldo Jelelep kepada Siwalima di Balai Kota Ambon, Jumat (24/7)

“Sedangkan untuk  2 kelurahan yang mungkin hari ini ataupun besok untuk Kelurahan Wainitu sisa 767 paket dan Kudamati itu 1,552 jadi yang kurang tersalur itu kan 2.319,” jelasnya.

Katanya, Dinsos tidak melakukan pembagian secara serentak mengingat, saat ini masih ada di masa PSBB sehingga harus juga memperhatikan sejumlah protap yang telah ditetapkan.

“Kami tidak dapat membagi sembako full karena menjaga physical distancing lalu di masing-masing kelurahan juga harus mempersiapkan sejumlah jatah penerima di masing-masing RT, agar jangan sampai bertumpukan di saat PSBB,” ujarnya.

Baca Juga: Brimob Maluku Sosialisasi Edukasi Adaptasi Kebiasaan Baru

Dijelaskan, dalam masa pembagian sembako dari bulan pertama hingga bulan ketiga ini telah dibagikan sembako pada 18 kelurahan yang ada di Kota Ambon.

“Total penyaluran itu berjumlah untuk 18 kelurahan,” ujarnya.

Ketika dikonfirmasi terkait dengan akurasi data penerima yang dikantongi Dinas Sosial,  Jelelep mengakui, masih memiliki kesalahan data, karena setiap bulan data akan selalu berubah, sebab data tersebut bersifat fluklatif.

“Kan data ini masih fluklatif, kami belum mendapat data yang normal tapi kan margin erornya sudah diminimalisir paling sampai 2% kesalahan eror, data-data double,” katanya. (Mg-6)