Penjabat Walikota Bodewin Wattimena memberi apresiasi kepada aparat keamanan dalam upaya menjaga keamanan dan stabilitas di Kota Ambon.

Minuman Keras atau miras seringkali menjadi faktor penyebab terjadinya kerawanan dan bentrokan masyarakat. Oleh sebab itu, kegiatan razia dan pemusnahan miras yang dilakukan oleh Polres Kota Ambon dan Pp. Lease.

“Selaku pemerintah kota kami memberikan apressiasi dan menyampaikan terima kasih kepada Kapolresta, Wakapolresta dan jajaran, yang setiap waktu berupaya menjaga keamanan dan ketertiban di kota Ambon,” kata Walikota yang hadir disela-sela pemusnahan miras sitaan, Kamis (21/7) di Mapolresta.

Dikatakan, stabilitas keamanan dan ketertiban lingkungan adalah prasyarat utama dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik.

Namun tak dapat dipungkiri seringkali terjadi peristiwa bentrokan dan tawuran ditengah masyarakat serta peristiwa kriminal, yang jika diusut pemicunya adalah terlalu banyak mengkonsumsu miras.

Baca Juga: Walikota: Upah Tenaga Honorer Kota Disesuaikan

“Salah satu penyebab kerawanan, bentrokan masyarakat, kemudian instabilitas kambtibmas adalah karena konsumsi miras, maka terha­dap langkah antisipatif yang dila­kukan oleh aparat keamanan, Pemkot harus mendukung,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kapolresta Ambon dan Pp. Lease, Kombes Raja Arthur Simamora menjelaskan pemusnahan miras yang dilakukan hari ini merupakan hasil sitaan sepanjang bulan Januari-Juli.

“Miras yang diamankan dari Januari-Juli sebanyak 6.827 liter dan hari ini kita musnahkan sebanyak 3500 liter. Sebelumnya juga sudah dilakukan kegiatan pemusnahan,” ungkapnya.

Dirinya mengungkapkan, selama ini konsumsi miras yang berlebihan telah menjadi faktor pemicu meningkatnya angka kriminalitas. Olehnya itu untuk langka antisipasi, pihaknya selalu melakukan razia miras di pintu-pintu masuk Kota Ambon, baik pelabuhan Yos Su­darso, Pelabuhan Tulehu, Pelahu­han Liang dan Baguala.

“Setiap hari kita lakukan razia untuk menekan angka kriminalitas, selain itu patroli siaga juga kita lakukan setiap akhir pekan,” tan­dasnya (S-09)