BULA, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2023, yang digelar dalam satu upacara yang dipimpin oleh Wakil Bupati Idris Rumalutur.

Perayaan Hardiknas tahun ini yang dipusatkan di Lapangan Trikora, Selasa (2/5) berlangsung dibawah sorotan tema Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar.Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim dalam sambutannya yang dibacakan wakil bupati mengaku, saat ini 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan.

“Ini membawa kita semakin dekat dengan cita cita luhur Ki Hadjar Dewantara yaitu, pendidikan yang menuntut bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keseluruhan dan kebahagiaan setinggi tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” ujar Mandkibud.

Menurutnya, anak- anak Indonesia saat ini bisa belajar dengan lebih tenang, karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh oleh gurunya sendiri. Bahkan para kepala sekolah dan kepala daerah, yang dulunya kesulitan memonitor dunia pendidikan, sekarang dapat menggunakan data assessmen nasional di platform rapor pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan di daerah masing-masing.

Selain itu kata Mendkibud, dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan komponen, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan nalar.

Baca Juga: Enam Tersangka Kasus Penyelundupan Senpi Dituntut 10 Tahun Penjara

Pada jenjang perguruan tinggi juga, mahasiswa yang dulu hanya belajar teori dalam kelas, sekarang bisa mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus, dengan hadirnya program kampus merdeka.

Sementara dari segi pendanaan, pencairan langsung dana BOS dan Bantuan Operasional Pendidikan  ke sekolah, pemanfaatannya lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

“Hardiknas tahun ini, adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi, juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil,” tandas Mendkibuda.

Untuk itu kata Mendkibud, dengan merefleksikan hal-hal yang telah dilakukan sepanjang 3 tahun terakhir ini, pihanya merancang arah perjalanan kedepan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan gerakan merdeka belajar.

“Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat kedepan dengan pendidikan yang memerdekakan,” ajak Mendkibud.(Mg-1)