MASOHI, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah menggelar rapat koordinasi untuk menentukan langkah-langkah strategis menghadapi penularan virus covid-19 atau corona, Jumat (6/3).

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal, dan Wakil Bupati Marlatu Leleury dan dihadiri sejumlah kepala OPD.

Dalam rapat itu sejumlah langkah antisipasi dibicarakan termasuk pencegahan, dan pengobatan. Pengobatan ini terkait dengan persiapan ruang isolasi di rumah sakit, termasuk penguatan obat-obatan dan tenaga medis di puskesmas pada kecamatan-kecamatan.

Bupati Malteng, Abua Tuasikal mengatakan, semua persiapan dibicarakan dalam rapat termasuk antisipasi warga yang masuk keluar wilayah administrasi Malteng, sebab pengawasan, menjadi langkah penting.

“Semua hal dibicarakan. Mobilisasi masuk keluar manusia ke Malteng yang penting dipantau. Kita sudah bicarakan antisipasinya. Semua informasi terkait indikasi, tetap akan diperhatikan pemerintah, yang pasti, kita harus siap dulu secara medis,” ujarnya.

Baca Juga: Koarmada III Uji Kemampuan Prajurit Lantamal IX

Bupati menyarankan, masyarakat untuk hidup bersih, menjaga kesehatan, giat berolahraga demi meningkatkan kekebalan tubuh.

“Terutama adalah menjaga kebersihan tangan dengan selalu mencuci tangan  menggunakan air dan sabun,” pesan bupati.

Semnetara menyangkut dengan anggarannya, kata dia nanti dibicarakan dengan DPRD Malteng juga. Sementara bagi masyarakat dihimbau untuk tak perlu panik, namun tetap waspada.

“Jangan memborong persediaan makanan, karena semua kebutuhan masyarakat tetap tersedia dan disediakan. Jadi tidak perlu panik,” himbau bupati. (S-36)