DOBO, Siwalimanews – Sebanyak 1.760 dosis Vaksin Sinovac yang dikirim dari Ambon, tiba di Bandara Rar Gwamar Kota Dobo, Kabupaten Aru dengan pesawat Wings Air, Selasa (26/1).

Ribuan dosis vaksin yang dikemas dalam satu box itu mendapat pengawalan ketat oleh dua personel Brimob Polda Maluku itu, tiba di Bandara Rar Gwamar sekitar pukul 10.11 Wit dan dijemput langsung oleh Bupati Johan Gonga didampingi sekda Moh Djumpa dan Kadis Kesehatan YEO Uniplaita serta para  pimpinan Forkopimda Aru.

Bupati disela-sela penjemputan vaksin mengatakan, 1.760 dosis vaksin tahap I yang diperuntukan bagi Aru ini, dikhususkan kepada tenaga kesehatan dan Forkopimda.

“Yang dimaksudkan dengan nakes ini, adalah SDM yang bekerja di bidang kesehatan, baik di rumah sakit, puskesmas maupun dinas kesehatan,” jelas bupati.

Untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19, maka kita harus tetap menjalankan protokol kesehatan (3M) secara mandiri, serta harus menjalani vaksinasi.

Baca Juga: Sejumlah Fasilitas Umum Kembali Disterilkan

Vaksin ini untuk membentuk anti body dan berguna dalam jangka waktu yang panjang, sehingga tidak ada alasan untuk tidak divaksin, kecuali mereka yang dikategorikan telah reaktif, atau mereka yang mempunyai penyakit yang secara medis mereka tidak bisa divaksin.

“Memang kita belum ada aturan yang kaitannya dengan sanksi bagi masyarakat yang tidak mau divaksin, kita tunggu selanjutnya aturan itu dari atas. Namun, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dalam jangka waktu yang sangat panjang, maka baiknya divaksin dan tetap menjalani protokol kesehatan dengan benar dan mandiri,” tandasnya. (S-25)