AMBON, Siwalimanews – Inspektorat Koar­mada III akan me­lakukan pengawasan dan pemeriksaan audit kinerja terhadap TNI Angkatan Laut (Lan­tamal) IX Ambon TA 2024.

Proses pengawasan dan pemeriksaan akan berlangsung selama 10 hari, yang telah di­mulai sejak Selasa (23/1) hingga 2 Februari 2024 mendatang yang berlangsung di Mar­kas Lantamal IX Ambon, dihadiri langsung oleh TNI Angkatan Laut. Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lan­tamal) IX Ambon, Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina.

Latuconsina dalam sambutannya mengatakan, penga­wasan dan pemeriksaan ini meru­pakan kegiatan pengamatan, peme­riksaan, penilaian dan pengoreksian serta pembinaan secara kompre­hensif, terhadap pengelolaan sum­ber daya yang menjadi tanggung jawab objek pemeriksaan.

Latuconsina berharap, dari proses audit ini akan ada masukan yang berharga dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja Lantamal IX Ambon untuk masa yang akan datang.

“Dengan adanya audit kinerja, diharapkan kita semua mendapatkan masukan yang berharga dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja Lantamal IX Ambon untuk masa yang akan datang,”harapnya.

Baca Juga: Diduga Dua Bidan Palsukan Administrasi

Sementara Inspektur Koarmada III, Laksamana Pertama TNI Achman Santoso mengatakan, Inspektur Koarmada III selaku Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), diberikan kewenangan untuk melaksanakan kegiatan pengawasan melalui proses audit, reviu, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya terhadap penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi organisasi di Koarmada III khususnya Lantamal IX Ambon dan Satker jajarannya.

Untuk itu diharapkan, adanya keterbukaan dan komunikatif dengan asas edukatif serta kemitraan selama proses ini berjalan.

“Kami mengharapkan keterbukaan dan komunikatif dengan azas edukatif dan kemitraan, agar kita saling mendapatkan informasi dan masukan yang obyektif, sehingga dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kinerja organisasi di wilayah kerja Lantamal IX Ambon,” harapnya. (S-25)