AMBON, Siwalimanews – Pandemi Covid-19 menimbulkan tantangan pada pemenuhan anak, termasuk hak kesehatan, pendidikan, perlindungan anak serta berbagai dampak lainnya.

Untuk itu, Ketua TP PKK Maluku Widya Pratiwi minta pemda dan seluruh stakeholder bahkan orangtua dan keluarga, untuk harus berpartisipasi dalam menjamin pemenuhan hak-hak anak, serta memberikan perlindungan bagi anak dari kekerasan dan diskriminasi.

Menurutnya, peringatan HAN merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen daerah dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, kembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Bagi dia, melalui kepedulian dalam menghormati, menghargai dan menjamin hak-hak anak tanpa diskriminasi serta memastikan segala hal yang terbaik, semata-mata untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak Maluku dan Indonesia secara optimal.

Atas dasar itu, Widya berharap, pemda dapat mendukung anak-anak dari segi pendidikan, kesehatan maupun pemenuhan hak anak lainnya, sebab dipundak mereka terdapat masa depan.

Baca Juga: Eks Kadis PUPR KKT Jalani Sidang Perdana

Sudah seharusnya, pemerintah, dunia usaha dan seluruh elemen masyarakat, mengupayakan anak-anak menjadi insan yang religius. (S-39)