AMBON, Siwalimanews – Presiden Joko Widodo menginginkan agar lapangan abadi Blok Masela, Kabu­paten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku dapat se­gera dimulai.

Karena itu, kata Presiden, pemerintah terus mendorong hadirnya hadirnya partner baru bagi Inpex segera blok masela ini dimulai secepatnya.

“Nah partener yang baru ini kita dorong terus agar segera terbentuk lagi, sehingga segera dimulai blok masela. yang mendapat keuntungan apabila Blok Masela berjalan adalah masyarakat Kabupaten Kepulauan Tanimbatr, terutama saumlaki, ” ungkap  Presiden kepada wartawan usai meninjau dan membagikan bantuan sosial kepada para PKL dan pedagang pasar. di Pasar Olilit Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbat seperti yang dikutib dari canal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (2/9).

Dikatakan, jika lapangan abadi Blok Masela ini dimulai, maka ini akan baik untuk perputaran uang didaerah. Untuk di PDRB di Kabu­paten Tanimbar dan juga Provinsi Maluku secara keseluruhan.

“Untuk itu kita akan dorong terus untuk segera dimulai,” kata Presi­den.

Baca Juga: Kementerian PUPR Bangun 8 Embung di KKT

Untuk diketahui, progres poyek abadi LNG Blok Masela mandek usai mundur perusahaan asal Belanda shell upstream overseas yang me­nguasai 35 persen, saham participating interest (PI) pada bulan Juli tahun 2020 lalu. padahal Blok Ma­sela ditargetkan mulai berproduksi pada tahun 2027 mendatang.

Berikan Bantuan

Sementara itu, Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa turut mendampingi Presiden Jokowi pada hari kedua kunjungan kerjanya di Kota Saum­laki, Kabupaten Kepulauan Tanim­bar, Jumat (2/9).

Di hari kedua kunjungan kerja, Presiden Jokowi meninjau Pasar Olilit di Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Setibanya pukul 08.30 WIT didam­pingi Ny Iriana Jokowi, Pre­siden terlihat berjalan kaki menyapa dan berbincang dengan para pedagang yang ada di pasar.

Didampingi Pangdam XVI Patti­mura, Gubernur Maluku dan Ka­polda Maluku, Presiden menyerah­kan bantuan langsung kepada para pedagang. Bantuan ini menyasar kepada kurang lebih 110 para pe­dagang yang berada di pasar ter­sebut.

Selain bantuan untuk para pe­da­gang, Presiden juga menyerahkan bantuan langsung minyak goreng untuk peserta program keluarga ha­rapan (PKH) sebanyak 100 orang. Pre­siden juga menyerahkan Bantuan Tunai Modal Kerja kepada 100 pe­dagang.

“Tak hanya itu, Presiden juga membagikan paket sembako yang berisi beras sebanyak 5 kg, gula pasir 1 kg, serta minyak goreng dan teh ke­pada pedagang,” tulis pihak Penera­ngan Kodam Pattimura dalam rilisnya yang diterima Siwalima, Jumat (2/9).

Setelah berkunjung ke Pasar Olilit, Pangdam dan rombongan kemudian bergerak menuju objek kunjungan lainnya. Diagendakan Presiden Jokowi akan berada di Saumlaki hingga Jumat (2/9) sore nanti.

Sepanjang perjalanan masyarakat Tanimbar begitu antusias bertemu dan menyapa Presiden Jokowi, tak lupa Presiden juga membagikan kaos kepada masyarakat yang telah menunggu iring- iringan Presiden sejak pagi hari. (S-06)