AMBON, Siwalimanews – Wakil Gubernur Maluku Barnabas Orno lepas 30 atlet Maluku yang akan berlaga di Pekan Olahraga Nasional XX  di Papua, Senin (27/9).

Pelepasan 30 atlet PON dari cabang olahraga Tinju, Kempo dan Karate itu berlangsung di lantai II Bandara Internasional Pattimura Ambon. Dari puluhan atlet tersebut, tiga atlet menuju ke Kota Timika, sedangkan 27 lainnya atlet menuju ke Kota Jayapura.

Wagub pada kesempatan itu mengaku, ingin tim PON Maluku mengharumkan nama daerah ini dikancah nasional dengan meraih medali sesuai target. Selain menarget medali, para atlet diingatkan untuk dapat menjaga diri dan menghormati adat istiadat masyarakat.

“Saya minta kepada seluruh atlet, bahwa segala kebiasaan hidup disiplin harus dipertahankan. Hal ini akan berpengaruh terhadap konsentrasi dan fokus pada setiap pertandingan,” pesan wagub.

Keinginan wagub ini, bukanlah sekedar harapan dari pemerintah, melainkan harapan dari seluruh masyarakat Maluku.

Baca Juga: Kecam Pemkot, Warga Amori Palang Jalan ke TPA Toisapu

“Setiap kali anda masuk ke arena pertandingan, ingatlah bahwa nama Maluku dititipkan di pundak anda. Lakukan yang terbaik untuk bisa menang. Jaga sportivitas dan menjadi teladan bagi dunia olahraga,” himbau wagub.

Olehnya itu, wagub berharap para atlet bisa mengurangi komunikasi maupun aktivitas yang bisa mengganggu, dan harus meningkatkan konsentrasi pada setiap jadwal pertandingan. (S-39)