BULA, Siwalimanews – Selama ini penempatan guru masih terpusat di ibu kota kabupaten dan kecamatan, belum merata sampai ke pulau-pulau terluar. Selain pemerataan guru, kesejahteraan guru juga menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Timur.

“Kita melihat kekurangan dimana-mana. Dengan lolosnya 211 orang jadi pegawai PPPK, pemerintah melalui pak bupati akan mendistri­busikan, sesuai dengan SK yang ditetapkan oleh kementerian berada pada wilayah sasaran sudah dituju­kan,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan SBT Sidik Ruma­lowak kepada Siwalima kemarin.

Selain itu juga pemerintah daerah juga telah memberikan reward kepala para kepala desa, yang selama ini mengambil kebijakan menggunakan Dana Desa untuk untuk pembangunan PAUD.

Kehadiran PAUD menurutnya, sangat penting karena merupakan investasi awal pendidikan bagi generasi muda di  Bumi Ita Wotu Nusa.

“PAUD akan akan memudahkan anak-anak mengenal huruf, warna, menghitung maupun kegiatan yang lainnya,” ucapnya.

Baca Juga: Dinas Pendidikan Dituding tak Perhatikan Hak Guru

Lanjutnya memang Dinas Pendidikan saat ini belum bisa mengukur progres. Tapi yakin dan percaya, hasilnya pasti akan didapatkan.

“Karena anak-anak digodok di PAUD itu, pada tingkat SD pasti berbeda dengan anak-anak yang tidak pernah digodok di lembaga PAUD,” tandasnya.(Mg-1)