SAUMLAKI, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar melaui Dinas Sosial, melaksanakan penyakuran bantuan langsung tunai dampak kenaikan harga BBM sehingga memicunya inflasi, bagi masyarakat di Desa Olilit Timur, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kamis (22/12).

Penyaluran BLT yang berlangsung di Balai Desa Olilit Timur tersebut, dihadiri Asisten  Bagian Pemerintahan Setda KKT sekaligus Plt Kadis Sosial Messala Hutabarat, Kapolres Tanimbar AKBP Umar Wijaya, Dandim 1507 Saumlaki Letkol Inf Didik Teguh Waluyo dan Kajari Tanimbar yang diwakili stafnya Jhon Latumeten.

Kepada Siwalimanews di sela-sela penyauran BLT, Kadis Sosial Messala Hutabarat menjelaskan, kegiatan hari ini, dilakukan oleh Pemda KKT dalam rangka menekan angka inflasi yang dialami masyarakat.

“Memang nilainya kecil, untuk itu harus dipergunakan dengan sebaik-baiknay oleh masyarakat. BLT dampak inflasi ini nilainya Rp150 ribu/KK, namun hari ini kami bagikan untuk triwulan dengan total Rp450 ribu/KK,” ungkap Hutabarat.

Untuk Desa Olilit Timur sendiri kata Hutabarat, pihaknya menyaurkan kepada 41 Kepala Keluarga. Sementara untuk bebera desa lainnya, telah disalurkan terebih dahulu.

Baca Juga: Sekot Beri Bonus bagi Finalis Fashion Show Anak

“Penyaluran BLT ini ada mekanismenya, sehingga saya bersama kapolres, Dandim dan juga pihak kejaksaan ada disini memantau langsung penyalurannya, supaya nilai transparansi tetap terjaga,” tandas Hutabarat.

Untuk diketahui di KKT BLT dampak Inflasi disalurkan kepada 3.362 calon penerima, dimana setiap desa terdapat 41 KK penerima manfaat. Selain itu Pemda KKT juga telah menyediakan bantuan miskin ekstrim  dengan nilai Rp400 ribu/KK, namun hanya akan disalurkan pada lima kecamatan terdampak.(S-26)