AMBON, Siwlaimanews – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku H Yamin minta kepada setiap keluarga Kristen di Kota Ambon untuk memperkuat penguatan moderasi beragama.

Untuk itu ia menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Penguatan Moderasi Beragama Bagi Keluarga Kristen di Kota Ambon dalam upaya untuk meningkatkan harmonisasi dalam rumah tangga yang digelar Binmas Kristen Kanwil Kemenag Maluku.

“Melalui kegiatan saya berharap dapat memperkuat penguatan moderasi beragama serta dapat membentuk dan menguatkan kapasitas sebagai pasangan suami isteri dalam konteks Kekristenan, sehingga dari keluarga tersebut dapat melahirkan anak-anak yang memiliki karakter sesuai nilai-nilai agamanya,” ucap Yamin dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Maluku Sujiyanto saat membuka kegiatan tersebut di Aula Kanwil Kemenag Maluku, Jumat (31/3).

Menurutnya, penguatan aspek moderasi beragama sangat penting untuk diterapkan mulai dari keluarga, hal ini bertujuan agar setiap keluarga yang merupakan bagian dari persekutuan umat, dapat hidup moderat, baik dalam lingkungan internal maupun eksternal agama itu sendiri.

Pasalnya, dengan adanya sikap hidup yang moderat di dalam keluarga, khususnya setiap keluarga Kristen, maka harmonisasi dalam keluarga tersebut dapat terbina. Untuk itu, kegiatan penguatan moderasi beragama bagi keluarga Kristen yang diselenggarakan ini, merupakan sarana pendidikan dan pelatihan serta pengetahuan bagi pasangan suami istri untuk mampu saling menghargai, maka posisi dalam masyarakat pun akan menguat dan menjadi sumber kebahagiaan ditengah-tengah masyarakat.

Baca Juga: Pendeta di Luang Timur Ditemukan Gantung Diri

“Ini juga selaras dengan misi Kemenag, salah satunya penguatan moderasi beragama dan kerukunan antar umat beragama, sebab dengan moderasi beragama, integritas setiap agama yang diajarkan berdampak pula terhadap pembinaan pada setiap keluarga yang ada, sehingga setiap keluarga di Indonesia secara umum dan secara khusus keluarga Kristen dapat mencerminkan hidup yang saling mengasihi, melayani dan saling mencintai satu sama lainnya,” tutur Yamin.

Sebelumnya Ketua Panitia pelaksana kegiatan Carl Thenu dalam laporannya mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini, untuk bersama-sana meningkatkan tanggungjawab sebagai suami dan istri sebagai wakil Allah ditengah-tengah dunia, serta memiliki pemahaman tentang peran dan fungsi keluarga Kristen, sehingga tercapainya keharmonisan, kerukunan serta keutuhan setiap keluarga moderat dan sehat lahir batin guna melahirkan generasi baru.

“Kegiatan menghadirkan narasumber masing-masing Rektor IAKN Ambon Yance Zadrak Rumahuru yang membawakan materi tentang Penguatan Moderasi Beragama, Kepala BKKBN Perwakilan Maluku Sarles Brabar yang membawakan materi tentang stunting dan upaya pencegahannya serta Pendeta Alfananti Yohanti dengan membawakan materi tentang peran keluarga Kristen bagi pertumbuhan Iman.(S-25)