AMBON, Siwalimanews – Masih kurangnya jaringan internet khusus di pulau-pulau terluar, Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) menambah lagi pembangunan 81 tower base transceiver station (BTS).

Jumlah ini diperdiksi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan internet dengan jaringan cepat 4G.

“Pemasangan 81 unit BTS mulai dilakukan tahun 2022 hingga  2023 nanti seperti di Pulau Moa, Pulau Damer, Pulau Romang, Pulau Dawelor dan sejumlah pulau lainnya,” kata Sekda MBD Alfons Siamiloy kepada Siwalima, Senin (9/5).

Siamiloy mengakui sekarang ini akses internet hanya bisa dinikmati oleh masyarakat lebih khusus yang tinggal di sekitaran ibu kota kecamatan hingga pusat desa.

“Masyarakat yang tinggalnya jauh dari pusat desa susa sekali mengakses internet, makanya dengan bantuan dari pemerintah pusat untuk memasangan 81 BTS sudah sangat membantu,” jelas Siamiloy.

Baca Juga: Pukul Sapu, Ratusan Personel Diterjunkan

Lebih jauh dikatakan saat ini juga akses internet di kota kabupaten dan sekitarnya belum juga normal.

Ada sejumlah tower yang rusak akibat angin kencang dan ada yang patah maupun kerusakan lainnya. “Kita sudah melakukan koordinasi dengan PT Telkom Makassar guna melakukan perbaikan segera,” ungkap Siamiloy.

Dengan penambahanan jumlah tower diharapkan akses internet di Kabupaten MBD bisa sejajar dengan kabupaten kota lainnya di Maluku.

“Ini yang kami harapkan, semua pulau-pulau terluar pun sudah bisa mengakses jaringan internet sampai ke pelosok desa dengan jaringan cepat 4G,” tandasnya. (S-09)