AMBON, Siwalimanews – Peringatan Hari Perhubungan Nasional dirayakan Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya dengan melaunching Terminal Kalwedo (Termikal) dan Juru Parkir (Jukir) serta pemberian bantuan alat transportasi bagi Badan Usaha Desa, yang di pusatkan Kantor Dinas Perhubungan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Maluku Barat Daya, Benyamin Thomas Noach,S.T, Ketua DPRD MBD, Kajari MBD, Wakil Bupati MBD, pimpinan dan Anggota Komisi C DPRD, Pasiter Kodim 1511 Pulau Moa, Kasatlantas Polres MBD, Pimpinan OPD dalam lingkup Pemda MBD dan undangan lainnya.

Bupati Maluku Barat Daya saat menyampaikan sambutannya menyebutkan dalam memperingati Hari Perhubungan Nasional maka tugas utama Dinas Perhubungan adalah memastikan sarana transportasi rakyat di Kabupaten Maluku Barat Daya dapat terjamin, baik transportasi darat, laut maupun udara.

“Kita semua sadar bahwa kita berada pada kabupaten yang memiliki tantangan yang luar biasa dalam bidang transportasi, masih banyak pulau kita belum memiliki jalan yang memadai, laut yang kadang-kadang ekstrim membuat kesulitan tersendiri dalam membangun konektivitas antar pulau,” kata bupati.

Selain itu menurutnya, tantangan ini harus dihadapi dan disiasati sehingga arus barang dan arus orang dari satu titik ke titik yang lain dapat berjalan dengan mudah.

Baca Juga: Dinas Perpustakaan Gelar Sejumlah Lomba

Dengan di launchingnya Termikal (Terminal Kalwedo) diharapkan agar terminal ini dapat menampung alat transportasi yang ada serta dapat memberikan kontribusi pendapatan bagi daerah.

Di samping itu bupati juga berharap bagi penerima bantuan sarana transportasi agar bantuan yang diberikan dapat digunakan dengan benar. “Tujuan diberikan­nya alat transportasi ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjamin lancarnya transportasi di desa dan pulau tempat penerima bantuan berdomisili,” ujar bupati.

Terkait hal tersebut Bupati meminta Dinas Perhubungan untuk melakukan supervisi terhadap bantuan yang diberikan agar tepat sasaran dan digunakan untuk kesejahteraan masyarakat.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Perhubungan Herdi D. Ubro mengatakan launching termikal dan jukir merupakan wujud salah satu bakti insan perhubungan MBD dalam memaknai Hari Perhubungan Nasional tahun ini

“Ini merupakan momentum yang penting bagi insan perhubungan untuk terus memperbaiki kinerja di sektor transportasi sekaligus merefleksikan apa yang telah dilakukan dan karya apa yang akan diwujudkan dimasa depan khususnya untuk negeri tercinta ini,” harapnya. (S-39)